Sinambela, Benardo (2015) HUBUNGAN PEMANFAATAN LABORATORIUM KOMPUTER DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR LANJUT DENGAN PERANGKAT LUNAK (AutoCAD) PADA SISWA SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. BENARDO SINAMBELA NIM 508311009 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. BENARDO SINAMBELA NIM 508311009 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
3. BENARDO SINAMBELA NIM 508311009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4. BENARDO SINAMBELA NIM 508311009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
5. BENARDO SINAMBELA NIM 508311009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. BENARDO SINAMBELA NIM 508311009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7. BENARDO SINAMBELA NIM 508311009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. BENARDO SINAMBELA NIM 508311009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
9. BENARDO SINAMBELA NIM 508311009 BAB I.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
13. BENARDO SINAMBELA NIM 508311009 BAB V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
14. BENARDO SINAMBELA NIM 508311009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan Pemanfaatan Laboratorium Komputer dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak (AutoCAD) baik secara masing-masing maupun bersamaan. Manfaat penelitian ini adalah memberikan sumbangsih bagi dunia pendidikan dalam rangka perbaikan proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan dengan Pemanfaatan Laboratorium Komputer dan Motivasi Belajar secara maksimal dan efektif.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang beralamat di Jl. Galang Lubuk Pakam dengan mengambil sampel sebanyak 32 orang responden, dan instrumen yang digunakan untuk mengukur Pemanfaatan Laboratorium Komputer dan Motivasi Belajar berupa angket sedangkan hasil Belajar Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak (AutoCAD) diketahui dari nilai raport. Sebelumnya instrumen telah diuji coba kepada siswa kelas XI TGB-B SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Uji coba instrumen dihitung dengan menggunakan produck momen untuk angket dengan jumlah soal terdiri dari 21 butir untuk Pemanfaatan Laboratorium Komputer, 21 butir untuk Motivasi Belajar. Diperoleh 20 butir soal yang valid untuk Pemanfaatan Laboratorium Komputer dengan reliabilitas 0,933; 20 butir soal yang valid untuk Motivasi Belajar dengan reliabilitas 0,899. Dengan demikian variabel Pemanfaatan Laboratorium Komputer dan Motivasi Belajar memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi. Tingkat kecenderungan Pemanfaatan Laboratorium Komputer siswa kelas XI TGB-A SMK Negeri 1 Lubuk Pakam berada dalam kategori tinggi 96,88% sementara Motivasi Belajar siswa siswa kelas XI TGB-A SMK Negeri 1 Lubuk Pakam berada pada kategori tinggi 96,88% dan Hasil Belajar Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak (AutoCAD) berada dalam kategori cukup 96,875%.
Hasil analisis pengujian hipotesis dalam penelitian ini diperoleh bahwa 1) Pemanfaatan Laboratorium Komputer dengan Hasil Belajar Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak (AutoCAD) (Ha diterima) dengan rx1y = 0,423 > rtabel = 0,349 dan besar thitung = 2,557 > ttabel = 1,695; 2) Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak (AutoCAD) (Ha diterima) dengan rx2y = 0,494 > rtabel = 0,349 dan besar thitung = 3,109 > ttabel = 1,695; 3) Pemanfaatan Laboratorium Komputer dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak (AutoCAD) (Ha diterima) dengan R = 0,598 > rtabel 0,349 dan besar Fhitung = 8,072 > Ftabel = 3,33.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BAN 032 |
Keywords: | Pemanfaatan Laboratorium Komputer, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak (AutoCAD). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jan 2017 08:14 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22740 |