Simamora, Agus Sanjaya (2015) PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN KELAS X DI SMK MELATI PERBAUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 510312004 COVER.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
2. NIM. 510312004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
3. NIM. 510312004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4. NIM. 510312004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5. NIM. 510312004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6. NIM. 510312004 TABLES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. NIM. 510312004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM. 510312004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
12. NIM. 510312004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
13. NIM. 510312004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada standart kompetensi Pengetahuan Dasar Teknik Mesin dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Melati Perbaungan T.A 2014/2015 yang berjumlah 35 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan Metode Mind Mapping sedangkan subjeknya adalah siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas dan hasil belajar siswa setelah penerapan metode mind mapping meningkat Dimana pada tes awal sebelum diberikan tindakan terlihat bahwa nilai rata-rata kelas 55,42 % dan persentase ketuntasan klasikal hanya 5,71 %. Pada siklus I denganpenerapan Metode Mind Mapping diperoleh rata-rata kelas menjadi 68,71 % dan persentase 54,28 %. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari tes awal baik itu dari segi rata-rata kelas maupun ketuntasan klasikal siswa. Pada siklus II dengan penerapan Metode mind Mapping di peroleh peningkatan rata-rata kelas menjadi 76.57 % dan ketuntasan klasikal menjadi 85,72 %. Dengan demikian hasil penelitian membuktikan kebenaran hipotesis tindakan, bahwa Penerapan Metode Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pengetahuan dasar Teknik Mesin pada siswa kelas X Di SMK Melati Perbaungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 031 |
Keywords: | Metode mind mapping; Aktifitas belajar; Hasil belajar; Pengetahuan dasar teknik mesin |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Jan 2017 04:17 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22727 |