Sitanggang, Roy Frandelson (2015) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN FASILITAS MENGGAMBAR DENGAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR TEKNIK DASAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 5103111036 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
NIM 5103111036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
NIM 5103111036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
NIM 5103111036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
NIM 5103111036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
NIM 5103111036 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
NIM 5103111036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
NIM 5103111036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
NIM 5103111036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
NIM 5103111036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
NIM 5103111036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adanya hubungan yang positif dan berarti antara Minat Belajar dengan Kemampuan Menggambar Teknik Dasar, 2) Adanya hubungan yang positif dan berarti antara Fasilitas Menggambar dengan Kemampuan Menggambar Teknik Dasar, 3) Adanya hubungan yang positif dan berarti antara Minat Belajar dan Fasilitas Menggambar dengan Kemampuan Menggambar Teknik Dasar pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi Tahun Ajaran 2014/2015. Data variabel Minat Belajar ini dijaring dengan menggunakan angket dan Fasilitas Menggambar dijaring menggunakan angket, sedangkan untuk Kemampuan Menggambar Teknik Dasar dijaring dengan menggunakan tes.
Sebelum penelitian ini dilakukan, instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, taraf kesukaran, daya pembeda soal, dan reliabilitas. 1) Hasil uji coba angket Minat Belajar diperoleh 26 butir dari 30 butir yang diujicobakan dengan koefisien reliabelitas = 0,94 dan termasuk kategori sangat tinggi. 2) Hasil uji coba angket Fasilitas Menggambar diperoleh 24 butir soal dari 30 butir yang diujicobakan, koefisien reliabelitas = 0,928 dan termasuk kategori sangat tinggi. 3) Hasil uji coba soal tes Kemampuan Menggambar Teknik Dasar diperoleh 23 butir soal dari 30 butir yang diujicobakan, koefisien reliabelitas = 0,902 dan termasuk kategori sangat tinggi, taraf kesukaran terdapat 3 butir kategori soal mudah, 17 butir soal sedang dan 3 soal kategori sukar, dan daya beda soal terdapat 1 butir soal dalam kategori sangat baik, 12 butir soal dalam kategori baik, 8 butir soal dalam kategori cukup dan 1 butir soal dalam kategori jelek.
Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: 1) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Minat Belajar dengan Kemampuan Menggambar Teknik Dasar dengan besar korelasi rX1Y = 0,393 > rtabel = 0,361 dan thitung = 2,267 > ttabel = 1,697 dan dari korelasi parsial diperoleh rY(1,2) = 0,482 > rtabel = 0,361 dan thitung = 2,858 > ttabel = 1,697. 2) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Fasilitas Menggambar dengan Kemampuan Menggambar Teknik Dasar dengan besar korelasi rX2Y = 0,431 > rtabel = 0,361 dan thitung = 2,528 > ttabel = 1,697 dan dari korelasi parsial diperoleh rY(1,2) = 0,419 > rtabel = 0,361 dan thitung = 2,399 > ttabel = 1,697. 3) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Minat Belajar dan Fasilitas Menggambar dengan Kemampuan Menggambar Teknik Dasar dengan besar diperoleh RY(1,2) = 0,459 > rtabel = 0,361 dan uji keberartian korelasi dengan menggunakan Uji-F diperoleh Fhitung = 2,735 > Ftabel = 2,70. Dengan demikian Minat Belajar dan Fasilitas Menggambar mempunyai hubungan yang positif dan berarti dengan Kemampuan Menggambar Teknik Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BAN 011 |
Keywords: | menggambar Teknik Dasar, Minat Belajar, Teknik Bangunan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jan 2017 04:02 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22725 |