Meidani, Rijalul (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PROSES DASAR PEMBENTUKAN LOGAM KELAS X SMK SWASTA TELADAN MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
3. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version
Download (847kB) | Preview
4.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
7.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
10.BAB I.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
14.BAB V.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share pada mata pelajaran proses dasar pembentukan logam pada siswa kelas X Otomotif di SMK Swasta Tealadan Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneltian ini dilakukan pada tanggal 15 Oktober - 12 November 2014. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 34 orang siswa dari kelas X Otomotif SMK Swasta Teladan Medan. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah catatan lapangan, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa persentase kegiatan belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share meningkat sebesar 50% dari siklus I yaitu 38,2% menjadi 88,2% pada siklus II. Peningkatan aktifitas siswa membuat hasil belajar siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil belajar siswa dari siklus I. jumlah siswa yang dikategorikan tuntas hanya 13 orang atau 67,6% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 30 orang yang dikategorikan tuntas atau 95,5% dari total jumlah siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share dapat meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar siswa kelas X di SMK Swasta Teladan Medan pada mata pelajaran proses dasar pembentukan logam pada tahun ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 019 |
Keywords: | Model pembelajaran; Aktifitas belajar; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA401 Materials of engineering and construction. Mechanics of materials T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Jan 2017 04:05 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22724 |