PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PROSES DASAR PEMBENTUKAN LOGAM KELAS X SMK SWASTA TELADAN MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Meidani, Rijalul (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PROSES DASAR PEMBENTUKAN LOGAM KELAS X SMK SWASTA TELADAN MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf]
Preview
Text
3. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version

Download (847kB) | Preview
[thumbnail of 4.ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 5.KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6.DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 7.DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 8.DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 9.DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
9.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 10.BAB I.pdf]
Preview
Text
10.BAB I.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[thumbnail of 14.BAB V.pdf]
Preview
Text
14.BAB V.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 15.DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share pada mata pelajaran proses dasar pembentukan logam pada siswa kelas X Otomotif di SMK Swasta Tealadan Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneltian ini dilakukan pada tanggal 15 Oktober - 12 November 2014. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 34 orang siswa dari kelas X Otomotif SMK Swasta Teladan Medan. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah catatan lapangan, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa persentase kegiatan belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share meningkat sebesar 50% dari siklus I yaitu 38,2% menjadi 88,2% pada siklus II. Peningkatan aktifitas siswa membuat hasil belajar siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil belajar siswa dari siklus I. jumlah siswa yang dikategorikan tuntas hanya 13 orang atau 67,6% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 30 orang yang dikategorikan tuntas atau 95,5% dari total jumlah siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share dapat meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar siswa kelas X di SMK Swasta Teladan Medan pada mata pelajaran proses dasar pembentukan logam pada tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 MSN 019
Keywords: Model pembelajaran; Aktifitas belajar; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA401 Materials of engineering and construction. Mechanics of materials
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Jan 2017 04:05
Last Modified: 19 Jan 2017 04:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22724

Actions (login required)

View Item
View Item