Prasetya,, Windi (2015) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509111041 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM. 509111041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (665kB) | Preview
3. NIM. 509111041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. NIM. 509111041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
5. NIM. 509111041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 509111041 TABLES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. NIM. 509111041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. NIM. 509111041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. NIM. 509111041 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (656kB) | Preview
14. NIM. 509111041 BILLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
13. NIM. 509111041 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar Kewirausahaan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Kewirausahaan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi aktivitas siswa untuk melihat aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung.
Dari data hasil penelitian terhadap aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 9 siswa (30%) untuk kategori tidak aktif, 5 siswa (16,67%) untuk kategori cukup, 10 siswa (33,33%) untuk kategori aktif dan 6 siswa (20%) untuk kategori sangat aktif. Sedangkan pada siklus II diperoleh 3 siswa (10%) untuk kategori tidak aktif, 6 siswa (20%) untuk kategori cukup aktif, 9 siswa untuk kategori aktif (30%), dan 12 siswa (40%) untuk kategori sangat aktif. Untuk nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 63 meningkat menjadi 69 pada siklus II.
Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 9 siswa (30%) untuk kategori tidak kompeten,8 siswa (26,67%) untuk kategori cukup kompeten, 12 siswa (40%) untuk kategori kompeten dan 1 siswa (3,33%) untuk kategori sangat kompeten. Sedangkan pada siklus II diperoleh 4 siswa (13,33%) untuk kategori tidak kompeten, 6 siswa (20%) untuk kategori cukup kompeten, 15 siswa (50%) untuk kategori kompeten dan 5 siswa (16,67%). Persentase ketuntasan hasil belajar siswa 70% pada siklus I dengan perolehan nilai rata-rata 75,33 meningkat menjadi 86,67% dengan perolehan nilai rata-rata 80,57 pada siklus II.
Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Kewirausahaan siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BAN 001 |
Keywords: | Pembelajaran Problem Basewd Learning, Hasil Belajar, Kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jan 2017 02:46 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22711 |