Situmeang, Herti N S (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MEMAHAMI BAHAN BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. HERTI NOVITA SARI SITUMEANG, NIM 5103311013 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2.NIM 5103311013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. HERTI NOVITA SARI SITUMEANG, NIM 5103311013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4. HERTI NOVITA SARI SITUMEANG, NIM 5103311013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
5. HERTI NOVITA SARI SITUMEANG, NIM 5103311013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6. HERTI NOVITA SARI SITUMEANG, NIM 5103311013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
7. HERTI NOVITA SARI SITUMEANG, NIM 5103311013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. HERTI NOVITA SARI SITUMEANG, NIM 5103311013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
9. HERTI NOVITA SARI SITUMEANG, NIM 5103311013 BAB I.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
13. HERTI NOVITA SARI SITUMEANG, NIM 5103311013 BAB V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. HERTI NOVITA SARI SITUMEANG, NIM 5103311013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran
Think Pair Share dan strategi pembelajaran Student Team Achievment Devision
dengan melihat karakteristik motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan dengan jumlah 62
orang yang terdiri dari kelas X Teknik Gambar Bangunan 1 untuk perlakuan
dengan Strategi Pembelajaran Student Team Achievment Devision sebanyak 32
orang dan kelas X Teknik Gambar Bangunan 2 untuk perlakuan dengan Strategi
Pembelajaran Think Pair Share sebanyak 30 orang.
Sebelum penelitian ini dilakukan instrument penelitian terlebih dahulu di uji
cobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Uji validitas butir tes
digunakan rumus korelasi biserial. Uji reliabislitas tes digunakan rumus KR-20.
Instrument tes hasil belajar memahami Bahan Bangunan yang valid diperoleh 27
butir dari 30 butir tes yang di uji cobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar
0.90. Teknik pengumpulan data hasil belajar dengan menggunakan rancangan
penelitian menggunakan desain Anava 2 x 2. Variabel penelitian memenuhi
persyaratan normalitas diuji dengan uji Liliefors dan homogenitas diuji dengan uji
F dan uji Barlett.
Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar Memahami
Bahan Bangunan siswa yang diajar dengan Startegi Pembelajaran Think pair
Share lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan Strategi
Pembelajaran Student Team Achievment Devision dengan ditunjukkan Fhitung =
23.98 > Ftabel = 4.01 pada taraf signifikansi α = 0.05. (2) sedangkan hasil belajar
siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang
memiliki motivasi belajar rendah, dengan ditunjukkan Fhitung = 7.44 > Ftabel = 4.01.
(3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap
hasil belajar Memahami bahan Bangunan, hal ini ditunjukkan diperolehnya Fhitung
= 69.38 > Ftabel = 4.01 pada taraf signifikansi 5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BAN 018 |
Keywords: | Strategi Pembelajaran TPS dan Strategi Pembelajaran STAD, Motivasi, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction > TH6014 Environmental engineering of buildings. Sanitary engineering of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jan 2017 02:32 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22709 |