Yunita, Siska Elvi (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR KOMPETENSI KEJURUAN PADA KOMPETENSI MENERAPKAN ILMU STATIKA DAN TEGANGAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103311034 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 5103311034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
3. NIM. 5103311034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4. NIM. 5103311034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM. 5103311034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6. NIM. 5103311034 TABLES.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. NIM. 5103311034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. NIM. 5103311034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. NIM. 5103311034 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
13. NIM. 5103311034 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
14. NIM. 5103311034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk
menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar mata pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan pada Kompetensi Menerapkan
Ilmu Statika dan Tegangan Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi
Batu dan Beton SMK Negeri 2 Binjai T.P. 2014/2015 yang berjumlah 42 siswa.
Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri
dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning),
tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada siklus I
mempelajari tentang besaran skalar, besaran vektor, sistem satuan dan hukum
Newton, pada siklus II mempelajari tentang menerapkan besaran vektor untuk
mempresentasikan gaya, momen dan kopel.
Data penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa, lembar observasi dan
lembar kerja siswa (LKS). Hasil uji coba instrumen penelitian dari 25 soal pada
siklus I terdapat 18 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 8 soal mudah, 13 soal
sedang dan 4 soal sukar, uji daya pembeda tes didapat 7 soal buruk, 11 soal cukup
dan 7 soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,81 (sangat tinggi). Pada siklus II dari
25 soal diperoleh 20 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 6 soal mudah, 17
soal sedang dan 2 soal sukar, uji daya pembeda tes didapat 6 soal buruk, 12 soal
cukup dan 7 soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,81 (sangat tinggi). Penelitian
dikatakan berhasil diukur berdasarkan rata-rata komulatif aktivitas dan hasil
belajar siswa memperoleh nilai minimal 70 dan tuntas secara klasikal jika seluruh
kelas ≥ 75% siswanya tuntas.
Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan
hasil rata-rata 77% meningkat pada siklus II menjadi 90,48%. Hasil belajar siswa
terjadi peningkatan,pada siklus I dengan hasil rata-rata sebesar 70,90% meningkat
pada siklus II menjadi 81,79%. Hasil nilai rata-rata LKS seluruh kelompok terjadi
peningkatan pada siklus I yaitu nilai rata-rata komulatif kelas 73% meningkat
menjadi 83,5% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan
pada Kompetensi Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan Siswa Kelas X
Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Binjai T.P.
2014/2015. Selain itu, juga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam menyelesai
kan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari dikaitkan dengan materi pelajaran
di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BAN 025 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kontekstual, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jan 2017 02:27 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22708 |