Samsiwan (2015) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU STATIKA PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 MERDEKA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509311043 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 5009311034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
3. NIM. 509311043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4. NIM. 509311043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. NIM. 509311043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
6. NIM. 509311043 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 509311043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 509311043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 509311043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 509311043 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
13. NIM. 509311043 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
14. NIM. 509311043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Apakah dengan
diterapkannya media pembelajaran berbasis komputer dapat meningkatkan
aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran iIlmu statika (2) Apakah penerapan
media pembelajaran berbasis komputer dapat meningkatkan hasil belajar siswa
ilmu statika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
bertujuan untuk mengetahui peningkatkan aktivitas dan hasil belajar ilmu statika
dengan penerapan media pembelajaran berbasis komputer pada siswa kelas X
Program keahlian teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 1 Merdeka T.A
2014/2015.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan
perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi
(reflecting). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program keahlian
teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 1 Merdeka Kabupaten Karo
sebanyak 28 orang. Data penelitian diambil dari tes siswa dan lembar
pengamatan. Instrument yang diujikan merupakan tes dan lembar observasi.
Jumlah tes siklus I setelah diuji coba sebanyak 18 soal yang valid dari 18 soal.
Sedangkan jumlah soal di siklus ke II sebanyak 18 soal yang valid dari 18 soal,
dimana sebelumnya telah dilakukan uji instrument ulang sehingga soal yang diuji
valid secara keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa
penerapan media pembelajaran berbasis komputer dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa. Peningkatan ini dapat dilihat pada dua siklus pembelajaran
yang berlangsung di kelas. Peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu
56.3 % menjadi 78 % pada siklus II. Dan peningkatan hasil belajar Siklus I yaitu
39.3% menjadi 89.3 % pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media
pembelajaran berbasis komputer dapat 1) meningkatkan aktivitas belajar siswa 2)
meningkatkan hasil belajar siswa. Pada mata pelajaran Ilmu Statika pada siswa
kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 1
Merdeka
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BAN 023 |
Keywords: | Media Pembelajaran, Ilmu Statika Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 07:38 |
Last Modified: | 18 Jan 2017 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22695 |