ANALISIS PENGELOLAAN SISTEM PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI PERGURUAN ISLAM AN-NIZAM MEDAN

Panggabean, Hasnan Syaref (2006) ANALISIS PENGELOLAAN SISTEM PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI PERGURUAN ISLAM AN-NIZAM MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 045020301- Abstrak.pdf]
Preview
Text
045020301- Abstrak.pdf - Published Version

Download (842kB) | Preview
[thumbnail of 045020301- Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
045020301- Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (975kB) | Preview
[thumbnail of 045020301- Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
045020301- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[thumbnail of 045020301-Bab I.pdf]
Preview
Text
045020301-Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 045020301 Bab V.pdf]
Preview
Text
045020301 Bab V.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 045020301- Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
045020301- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (733kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengelolaan sistem pendidikan dalam rangka meningkatkan ninth pembelajaran di Perguruan An-Nizam Medan.Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan latar alamiah sebagai sumber datanya. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan sesuai dengan focus dan pertanyaan serta tujuan penelitian, peniliti menggnakan teknik obseryasi, wawancara mendalarn (depth interview) dan pengkajian dokumen.Untuk rnengungkapkan makna perilaku pars informan penelitian ini yang meliputi: pembantu kepala sekolah, tata usaha, para guru, komite sekolah, dan siswa, make digunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman (1992) yang terdiri dari kegiatan reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kcsirnpuian.Temuan hasil penelitian yang setelah dilakukan analisis clan triangulasi data, adalah scbagai bcrikut:Pertama; Pengelolaan sistem pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan berkaitan dengan perencanaan dan evaluasi di laksanakan sesuai dengan visi dan misi sekolah yang dijabarkan dalam tujuan sekolah. Pelaksanaan program sekolah dalam bidang peningkatan mutu pembelajaran melalui perencanaan pembelajaran, disiplin rnengajar, pengembangan kegiatan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran melalui ujian, dan evaluasi ldnerja. Di samping itu, kegiatan peningkatan mutu pembelajaran dilakukan dengan membuka program tambahan jam belajar di luar kegiatan sutra kurikuler serta disiplin dalam kegiatan belajar mengajar. Kegiatan ini berkaitan dengan program peningkatan mutu kurikulum dan proses belajar mengajar.Kedua; Pengelolaan sistem pendidikan dalam peningkatan mutu guru, yaitu menelcankan pada profesionalisme dan disiplin, serta komitmen tugas untuk meningkatkan mutu sekolah_ Strategi menajemen tersebut berstunber pada kebijakan Depdiknas, Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pendidikan Pemko Medan, dan Yayasan (top-down), dan ada pule yang merupakan strategi kegiatan yang berasal dari bawah (bottom-up) yakni oleh kepala sekolah, pembantu kepala sekolah, dan guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran di Perguruan iii.Ketiga; Pengelolaan sistem pendidikan dalam upaya pembinaan siswa dilakukan melalui pembinaan dibidang seni, oleh raga, keagamaan, pramuka, bahasa Inggris, dan kepribadian atau budi pekerti. Hal ind dtangani oleh pembantu kepala sekolah bidang kesiswaan bersama dengan dewan guru yang ditunjuk secara otonom dengan dilaporkan kepada kepala sekolah dan komite sekolah.Keempat; Pengelolaan sistem pendidikan dalam bidang keuangan, sarana dan pra sarana dilakukan dengan rnemperbanyak sumber pembiayaan, yaitu dari sumbangan pembiayaan pendidikan, Jana bantuan operasional, dan bantuanoperasional manajemen mutu dalam menjalankan program peningkatan mutu untuk rnendukung sarana dan prasarana serta kesejahteraan guru. pernanfaatan peningkatan pembiayaan ini dipertanggngjawabkan kepada komite sekolah dan orangtua siswa. Pelaksanaan sistem pembelajaran dalam bidang keuangan, sarana dan prasarana ini didukung oleh komite sekolah dalam pengambilan keputusan program peningkatan mutu, kerjasama dengan masyarakat dengan meningkatkan frekuensi pertemuan dengan orangtua di awal tahun ajaran baru, perayaan hari-hari besar agarna, pemberian infak sekolah kepada masyarakat miskin pada bulan ramadhan, penyembelihan hewan qurban pada hart raya Aidul Adha, dan penyebaran jumalimajalah sekolah yang dikelaola siswa. Di samping dukungan iklim sekolah di Perguruan An-Nizam Medan yaitu motivasi bcrprestasi di kalangan guru, budaya mutu, dan pcmberdayaan guru di perguruan ini, pernantapart kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru terhadap peningkatan kualitas, dukungan kink sekolah dan orangtua siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.39 Pan a
Keywords: Pengelolaan Sistem Pendidikan; Peningkatan Mutu Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2831 Administrative personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 23 Sep 2016 04:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2269

Actions (login required)

View Item
View Item