Munthe, Putri E (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISKUSI BUZZ GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X TITL SMK N 2 DOLOKSANGGUL. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5123331028 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
02. NIM 5123331028 APPROVAL OF SHEET.pdf - Published Version
Download (784kB) | Preview
03. NIM 5123331028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
05. NIM 5123331028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
04. NIM 5123331028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
05. NIM 5123331028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
06. NIM 5123331028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
07. NIM 5123331028 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
08. NIM 5123331028 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
09. NIM 5123331028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
13. NIM 5123331028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
14. NIM 5123331028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran yang dilakukan di sekolah adalah pembelajaran konvensional yang pada dasarnya menimbulkan kebosanan bagi siswa secara umum. Siswa perlu dilibatkan secara aktif dalam proses belajar mengajar untuk mengasah kemampuan belajar serta melatih rasa tanggung jawab dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran diskusi buzz group terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika siswa kelas X TITL SMK N 2 Doloksanggul. Penelitian ini dilakukan di SMK N 2 Doloksanggul pada tahun ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TITL SMK N 2 Doloksanggul. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling, yaitu kelas eksperimen yang diajari dengan metode pembelajaran buzz group adalah kelas X TITL 2 dan kelas X TITL 1 menjadi kelas kontrol (kelas yang diajari dengan metode pembelajaran konvensional). Hasil analisis data yang diperoleh dari hasil belajar dasar listrik dan elektronika. Skor rata-rata post test siswa pada kelas eksperimen sebesar 22,58 dan kelas kontrol sebesar 18,90. Untuk uji normalitas dengan taraf signifikan 0,05 pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung sebesar 0,0767 dan Ltabel sebesar 0,1591 karena Lhitung < Ltabel atau 0,0767 < 0,1591 maka sampel pada kelas eksperimen pada kategori normal, uji normalitas pada kelas kontrol diperoleh Lhitung sebesar 0,1332 dan Ltabel = 0,1591 karena Lhitung < Ltabel atau 0,1332 < 0,1591, maka sampel pada kelas kontrol dikategorikan Normal. Uji homogenitas diperoleh Fhitung sebesar 1,34 dan Ftabel sebesar 1,84 karena Fhitung < Ftabel maka seluruh varian homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 menunjukkan thitung = 4,699 dan ttabel = 1,671. Nilai thitung > ttabel berarti hipotesis diterima dan disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran diskusi buzz group lebih tinggi dari hasil belajar yang diajar dengan metode konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 079 |
Keywords: | Metode Pembelajaran Diskusi Buzz Group, Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 03:02 |
Last Modified: | 18 Jan 2017 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22686 |