PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASISS MASALAH TERAHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP POSITIF MATEMATIKA SISWA SMP BUDI MURNI 3 MEDAN

Tasleky, Jasinta (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASISS MASALAH TERAHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP POSITIF MATEMATIKA SISWA SMP BUDI MURNI 3 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM. 814 6171 043 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM. 814 6171 043 COVER.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM. 814 6171 043 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM. 814 6171 043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (606kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM. 814 6171 043 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM. 814 6171 043 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM. 814 6171 043 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM. 814 6171 043 PREFACE.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM. 814 6171 043 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM. 814 6171 043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM. 814 6171 043 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
06. NIM. 814 6171 043 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM. 814 6171 043 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
07. NIM. 814 6171 043 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM. 814 6171 043 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
08. NIM. 814 6171 043 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (726kB) | Preview
[thumbnail of 012. NIM. 814 6171 043 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
012. NIM. 814 6171 043 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 013. NIM. 814 6171 043 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
013. NIM. 814 6171 043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah: (1) Pengaruh kemampuan pemecahan masalah siswa yang pembelajarannya menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah lebih baik dari pada yang pembelajarannya menggunakan Pembelajaran biasa, (2) Pengaruh sikap positif matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah lebih baik dari pada yang pembelajarannya menggunakan Pembelajaran biasa, (3) Adanya interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap positif matematis siswa, (4) Proses penyelesaian jawaban siswa yang mendapat pembelajaran dengan pembelajaran PBM dan pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan penelit Quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Budi Murni 3 Medan. Kemudian secara acak dipilih dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran PBM dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah dan sikap positif matematis. Instrumen tersebut dinyatakan telah menuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,61 dan 0,81 berturut-turut untuk kemampuan pemecahan masalah dan sikap positif matematis. Analisis data dilakukan dengan uji statistik uji anava 2 jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dalam penelitian dan normalitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Kemampuan pemecahan masalah dan sikap positif matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan Pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada yang pembelajarannya menggunakan Pembelajaran biasa. Jadi ada pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap positif matematik siswa, (2) tidak ada interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal (tinggi, sedang dan rendah) siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap positif matematis siswa. Secara Deskriptif juga dikaji jawaban dari rumusan masalah yaitu: proses penyelesaian jawaban siswa yang pembelajarannya dengan pembelajaran PBM lebih rapi dan lengkap berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah dan sikap positif matematis siswa dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Temuan penelitian ini merekomendasikan PBM dijadikan salah satu pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk mencapai konpetensi berpikir tinggi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 512.507 1 Tas p
Keywords: Pemecahan masalah; Sikap positif matematik; Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 Jan 2017 04:05
Last Modified: 17 Jan 2017 04:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22666

Actions (login required)

View Item
View Item