PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 2 TEBING TINGGI T.A. 2014/2015

Nasution, Mhd. Irham Fahmi (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 2 TEBING TINGGI T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of NIM. 5103131028 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
NIM. 5103131028 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 5103131028 COVER.pdf]
Preview
Text
NIM. 5103131028 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 5103131028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
NIM. 5103131028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 5103131028 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
NIM. 5103131028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 5103131028 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
NIM. 5103131028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 5103131028 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
NIM. 5103131028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 5103131028 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
NIM. 5103131028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 5103131028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
NIM. 5103131028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 5103131028 BAB I.pdf]
Preview
Text
NIM. 5103131028 BAB I.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 5103131028 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
NIM. 5103131028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 5103131028 BAB V.pdf]
Preview
Text
NIM. 5103131028 BAB V.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Dasar dan
Pengukuran Listrik dengan menggunakan strategi pembelajaran Berbasis
Laboratroium pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2
Tebing Tinggi.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga
Listrik SMK Negeri 2 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi
penelitian ini adalah peserta didik kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik
SMK Negeri 2 Tebing Tinggi terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 34 orang. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel total sehingga penelitian ini
berjumlah 34 siswa dalam 1 kelas.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dimana
dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment). Teknik
pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes objektif berupa post test
pilihan ganda dan tes psikomotorik. Teknik analisis data yang digunakan adalah
metode deskriptif, mencari rata-rata nilai (mean), standar deviasi dan varian total.
Untuk menguji normalitas data digunakan uji Lilliefors pada taraf kepercayaan (α)
sebesar 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar Dasar dan
Pengukuran Listrik yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Berbasis
Laboratorium adalah 83,76 lebih tinggi dari nilai KKM yaitu 75. Dengan
demikian terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Dasar dan
Pengukuran Listrik dengan strategi pembelajaran Berbasis Laboratorium lebih
tinggi dari Kriteria Ketuntasan Minimal yang menggunakan uji hipotesis yaitu uji-
Z dimana Zhitung > Ztabel , maka Ha yang berbunyi “ Rata-rata hasil belajar Dasar
dan Pengukuran Listrik dengan strategi pembelajaran berbasis laboratorium lebih
tinggi dari KKM “ diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 ELK 010
Keywords: Strategi Pembelajaran, Berbasis laboratorium, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2000 Dynamoelectric machinery and auxiliaries Including generators, motors, transformers
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Jan 2017 05:02
Last Modified: 16 Jan 2017 05:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22647

Actions (login required)

View Item
View Item