Lumban-Gaol, Ujian (2006) HUBUNGAN PENGETAHUAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DAN PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU SD NEGERI SE KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
045030409- Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
045030409- Abstrak.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
045030409- Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (725kB) | Preview
045030409- Bab I.pdf - Published Version
Download (910kB) | Preview
045030409- Bab V.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
045030409- Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara Pengetahuan Manajemen Berbasis Sekolah dan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru SD Negeri se Kota Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket, yang disebarkan terhadap Kepala Sekolah Negeri se-Kota Medan. Jumlah populasi keseluruhan Kepala Sekolah Negeri se-Kota Medan adalah 163 orang, dengan mempergunakan sampel secara acak proportional dan didapatkan dari jumlah sampel 30 orang dengan menggunakan rumus menurut Tuckman.Untuk menguji hipotesis digunakan teknik korelasi, regresi sederhana dan ganda padu taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Pengetahuan Manajemen Berbasis Sekolah dengan Kinerja Guru (rx1y = 0,625), (2) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru (rx2y = 0,645), dan (3) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Pengetahuan Manajemen Berbasis Sekolah dan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah (rx1x2 = 0,497). Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,5390 atau 53,90 %, sehingga koefisien korelasi ganda R = 0,734 berhubungan dengan Kinerja Guru. Bila dirinci masing¬masing variabel bebas, ternyata Pengetahuan Manajemen Berbasis Sekolah memberikan sumbangan efektif sebesar = 25,31 % dan sumbangan relatif sebesar 46,95 % sedangkan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah memberikan sumbangan efektif sebesar = 28,59 % dan sumbangan relatifnya sebesar 53,05 %.Penelitian ini menyimpulkan, bahwa Pengetahuan Manajemen Berbasis Sekolah dan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah merupakan hal yang sangat penting dipahami para kepala sekolah negeri se-Kota Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.2 Lum h |
Keywords: | Manajemen berbasis sekolah; Supervisi; Kinerja; Guru; Kepala sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 09:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2264 |