Simanjuntak, David Mario (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103122008 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 5103122008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
3. NIM. 5103122008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4. NIM. 5103122008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
5. NIM. 5103122008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
6. NIM. 5103122008 GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 5103122008 TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 5103122015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. NIM. 5103122008 BAB I.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
13. NIM. 5103122008 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
14. NIM. 5103122008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Gambar Teknik pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Pematangsiantar T.A 2014/2015 dengan menerapkan Model Pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang ada di lapangan, dimana berdasarkan observasi peneliti yang menunjukkan bahwa pada tahun ajaran 2012/2013 sekitar 53,25% dari 77 siswa tidak lulus atau hanya memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Sedangkan pada tahun ajaran 2013/2014, sekitar 44,94% dari 89 siswa juga belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 SMK Negeri 2 Pematansiantar, yang terdiri dari 28 orang. Obyek penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Gambar Konstruksi Geometris. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari sekali pertemuan. Intrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrument test soal essay dan lembar observasi. Hasil belajar pada materi pokok Gambar Konstruksi Geometris yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning mengalami peningkatan yaitu pada siklusi siklus I diperoleh 21 siswa (75%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 7 siswa (25%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 74,5 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 75%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar siklus II diperoleh 25 siswa (89,28%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 3 siswa (10,72%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81 dengan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 89,28%. Jika dibandingkan data dari siklus I dan siklus II maka diperoleh nilai rata-rata pada 21 siswa disiklus I bertambah sebanyak 4 siswa disiklus II menjadi 25 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar berkurang dari 7 siswa yang tidak tuntas disiklus I menjadi 3 siswa di siklus II. Penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada mata diklat Gambar Teknik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Pematangsiantar T.A. 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 002 |
Keywords: | Project based learning; Hasil belajar gambar teknik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 04:03 |
Last Modified: | 16 Jan 2017 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22637 |