Sinaga, Yandra (2015) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEORI MEMASANG INSTALASI LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA PADA KELAS X DI SMK SWASTA PAB 6 MEDAN ESTATE TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 508131038 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2 508131038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
3 508131038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4 508131038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6 508131038 DAFTAR GAMBAR .pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
5 508131038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
7 508131038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8 508131038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
13 508131038 BAB V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
14 508131038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penetlitian ini adalah rendahnya hasil belajar teori
Memasang Instalasi Tenaga Listrik Bangunan Sederhana dalam proses
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
teori MITLBS pada kelas X di SMK Swasta PAB 6 Medan Estate Tahun Ajaran
2014 – 2015 dengan menerapkan media pembelajaran berbasis animasi power
point.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan di SMK Swasta PAB 6 Medan Estate. Penelitian terdiri dari 2
Siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah test untuk melihat
hasil belajar siswa selama proses pembelajran berlangsung. Teknik analisis data
dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik
kesimpulan.
Dari analisis data yang diperoleh hasil belajar siswa pada test Siklus I
mengalami peningkatan sebesar 20% dari Pretest dengan nilai rata – rata pretest
58,6 ( 7 siswa tuntas) dengan persentase 23% dan pada Siklus I nilai rata – rata
67,4 (13 siswa tuntas) dengan persentase 43%. Dan pada Siklus II mengalami
peningkatan dengan hasil yang diperoleh adalah nilai rata – rata 75 (24 siswa
tuntas) dengan persentase 80%. Terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 37% (dari
43% menjadi 80%).
Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media pembelajaran
menggunakan animasi power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
teori memasang instalasi tenaga listrik bangunan sederhana di kelas X SMK
Swasta PAB 6 Medan Estate Tahun Ajaran 2014 – 2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 ELK 029 |
Keywords: | Animasi Power Point, Instalasi, Siklus, Reduksi Data |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2000 Dynamoelectric machinery and auxiliaries Including generators, motors, transformers |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 03:12 |
Last Modified: | 16 Jan 2017 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22626 |