Fristy, Juanna Indha (2014) PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA KOMPETENSI MEMBUAT GARNISH KELAS X SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5101142005 COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
2. NIM. 5101142005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (764kB) | Preview
3. NIM. 5101142005 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4. NIM. 5101142005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
5. NIM. 5101142005 LIST OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM. 5101142005 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM. 5101142005 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
8. NIM. 5101142005 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
9. NIM. 5101142005 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
10. NIM. 5101142005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
14. NIM. 5101142005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM. 5101142005 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah siswa mendapatkan media pembelajaran pada waktu proses belajar mengajar di kelas pada kompetensi membuat garnish. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Kompetensi Membuat Garnish Kelas X SMK Negeri 10 Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah 77 responden siswa jurusan Tata Boga kelas X di SMK Negeri 10 Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu suatu bentuk penelitian yang paling dasar ditunjukkan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang ada pada suatu objek penelitian untuk dianalisis. Cara mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis multimedia. Sebelum menjaring data penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba instrument kelayakan media pembelajaran kepada 2 orang ahli yaitu ahli materi dan ahli media pembelajaran serta uji coba kelompok kecil kepada siswa lain (non sample). Dari hasil uji coba instrument responden menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia pada kategori layak/baik digunakan dalam pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian terdapat 6 aspek indikator yang menjadi sudut pandang siswa terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia pada kompetensi membuat garnish, yaitu penggunaan media pembelajaran mendapatkan respon sangat setuju dalam kategori sangat baik yaitu sebanyak 41,27%, ketersediaan media pembelajaran mendapatkan respon setuju dalam kategori baik yaitu sebanyak 66,88%, manfaat media pembelajaran mendapatkan respon setuju dalam kategori baik yaitu sebanyak 47,53%, fungsi media pembelajaran mendapatkan respon setuju dalam kategori baik yaitu sebanyak 55,66%, kriteria media pembelajaran mendapatkan respon sangat setuju dalam kategori sangat baik yaitu sebanyak 50,22% dan pengembangan media pembelajaran mendapatkan respon setuju dalam kategori baik untuk kelayakan isi yaitu sebanyak 51,14% dan 51,12% untuk kegrafikan. Dengan demikian Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Kompetensi Membuat Garnish Kelas X SMK Negeri 10 Medan sebagai sampel mendapatkan tanggapan yang baik, untuk itu disarankan kepada tenaga pendidik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk selalu memanfaatkan media sebagai alat bantu pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2014 BOGA 020 |
Keywords: | Persepsi, Penggunaan Media, Multimedia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Jan 2017 04:46 |
Last Modified: | 11 Jan 2017 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22564 |