Ningsih, Dewi Sulistia (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA KEMEJA PRIA PADA SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 1 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509343007 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 509343007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
3. NIM. 509343007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM. 509343007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 509343007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 509343007 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM. 509343007 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 509343007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
12. NIM. 509343007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
13. NIM. 509343007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh strategi
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan strategi pembelajaran ekspositori terhadap hasil
belajar membuat pola kemeja pria dan menemukan strategi yang tepat untuk digunakan
dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran membuat pola kemeja pria.
Penelitian dilaksanakan pada September 2014, dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kisaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu
(Quasi eksperiment). Jumlah sampel 30 siswa dengan teknik pengambilan sample
menggunakan teknik Random. Untuk mengetahui lembar validitas pengamatan maka
dilakukan uji kesepakatan pengamat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Untuk uji normalitas data
menggunakan rumus chi kuadrat pada taraf signifikan 5% dengan dk = 5,
diperoleh hasil belajar Membuat pola kemeja pria kelas Eksperimen berdistribusi
nomal, karena Xhitung < Xtabel (10,18 < 11,070,) dan kelas Kontrol berdistribusi
normal, karena Xhitung < Xtabel (-339,89 < 11,070). Sedangkan uji homogenitas,
diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,15 < 1,89 sehingga kedua kelas penelitian memiliki
varians yang sama (homogen).
Hasil uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 7,23
sedangkan nilai tabel pada taraf signifikansi 5% dengan n = 60 sebesar 1,679.
Dengan demikian thitung > ttabel (7,23 > 1,679). Oleh karena itu dapat disimpulkan
bahwa terdapat Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan
Strategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Be
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2014 BUSANA 008 |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Membuat Pola Kemeja Pria |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Jan 2017 02:38 |
Last Modified: | 11 Jan 2017 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22544 |