STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH KEPADA GURU DALAM KOORDINASI TUGAS DI SD NEGERI NO.101876 TANJUNG MORAWA

Ruzlah (2006) STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH KEPADA GURU DALAM KOORDINASI TUGAS DI SD NEGERI NO.101876 TANJUNG MORAWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 045030402- Abstrak.pdf]
Preview
Text
045030402- Abstrak.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 045030402- Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
045030402- Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (865kB) | Preview
[thumbnail of 045030402- Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
045030402- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 045030402- Bab I.pdf]
Preview
Text
045030402- Bab I.pdf - Published Version

Download (860kB) | Preview
[thumbnail of 045030402- Bab V.pdf]
Preview
Text
045030402- Bab V.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of 045030402- Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
045030402- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi komunikasi kepala sekolah kepada guru dalam koordinasi tugas di SD Negeri 101876 Tanjung Morawa. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode pengumpulan dan analisa data yang mengacu pada kaedah-kaedah penelitian kualitatif yang dikembangkan oleh Lincoln & Guba ( 1985,1994), Huberman & Miles (1984,1994), dan Spreadley (1980).Prosedur pemilihan narasumber ditentukan berdasarkan pertimbangan keterlibatannya dalam proses komunikasi kepala sekolah dalam koordinasi tugas di SD Negeri 101876 Tanjung Morawa. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen.Hasil penelitian ini mengungkapkan temuan yaitu: (1) Komunikasi kepala sekolah kepada guru dan staf di SD Negeri No.101786 Tanjung Morawa berlangsung baik dan harmonis, (2) Strategi komunikasi kepala sekolah kepada guru melalui pemanfaatan rapat pertemuan awal pengajaran dan rapat bulanan yang bersifat rutin, supervisi kelas, pembinaan guru yang bermasalah, dan pengumuman-pengumuman, (3) Koordinasi kepala sekolah kepada guru berlangsung sesuai kewenangan dan tugas kepala sekolah. Koordinasi yang dilaksanakan bersifat vertikal dengan Kacabdis dan Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Deli Serdang, dan koordinasi kepada guru maupun staf pegawai di SD Negeri No. 101876 Tanjung Morawa bersifat penugasan dan pengendalian pelaksanaan tugas atau pekerjaan, dan (4) Faktor penghambat komunikasi kepala sekolah kepada guru dalam koordinasi tugas berkaitan dengan kejelasan dan sering berubahnya informasi atau kebijakan dari Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Deli Serdang serta keterlambatan penyelesaian tugas administrasi guru maupun pegawai, sedangkan faktor pendukungnya kepemimpinan, komunikasi, dan iklim sekolah di SD Negeri No. 101876 Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang yang menjalankan prinsip profesional dan kekeluargaan. Keterlambatan dalam penyelesaian tugas diatasi dengan cara rnengerjakan bersama untuk mengejar target waktu penyelesaian.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.19 Ruz s
Keywords: Komunikasi interpersonal; Koordinasi tugas; Sistem komunikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 10 Sep 2016 06:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2254

Actions (login required)

View Item
View Item