Sanjaya, Budi (2015) STUDI KOMPARASI MINAT DAN KREATIVITAS ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KETERAMPILAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TANJUNG PURA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.5103341002 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. 5103341002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (926kB) | Preview
3. 5103341002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4. 5103341002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. 5103341002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6. 5103341002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7. 5103341002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8. 5103341002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
9. 5103341002 BAB I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
13. 5103341002 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
15. 5103341002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat dan kreativitas
antara siswa laki-laki dan perempuan pada mata pelajaran keterampilan siswa
kelas VIII di SMP N 3 Tanjung Pura. Dalam penelitian ini populasi yang diambil
adalah kelas VIII SMP N 3 Tanjung Pura yang berjumlah 4 kelas, dan masingmasing
kelas terdiri dari 29 siswa laki-laki dan perempuan. Teknik sampel yang
digunakan adalah proporsional random sampling, yaitu dengan cara mengambil
30% dari tiap-tiap kelas dan tiap-tiap kategori (laki-laki dan perempuan).
Instrument penelitian adalah angket (minat), dan pengamatan ( kreativitas). Data
yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian kategori minat yaitu variabel X1 atau minat belajar siswa
laki-laki mempunyai nilai rata-rata sebesar 78. Hal ini berarti bahwa minat belajar
siswa laki-laki dalam kategori sedang, yaitu pada interval 81-70. Sedangkan nilai
variabel X2 atau minat belajar siswa perempuan mempunyai nilai rata-rata sebesar
84,86, yang berarti bahwa minat belajar siswa perempuan dalam kategori sedang,
yaitu pada interval nilai 89-82. Begitu juga dengan kategori kreativitas siswa, dari
hasil perhitungan kreativitas siswa yang dilihat dari nilai variabel X1atau
kreativitas siswa laki-laki diketahui mempunyai nilai rata-rata sebesar 84,25. Hal
ini berarti bahwa kreativitas siswa laki-laki dalam kategori sedang, yaitu pada
interval 86-80. Sedangkan nilai variabel X2 atau kreativitas siswa perempuan
mempunyai nilai rata-rata sebesar 83,22, yang berarti bahwa kreativitas siswa
perempuan dalam kategori sedang, yaitu pada interval nilai 89-82.
Hasil analisis uji hipotesis diketahui bahwa tidak ada perbedaan signifikan
antara variabel X1 dengan variabel X2 baik pada minat maupun pada kreativitas
. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis statistik bahwa nilai thitung sebesar -
0.002870846 pada minat belajar, dan t sebesar -0.00039365 pada kreativitas.
hasil tersebut diinterpretasikan dengan ttabel dimana derajat kebebasan (dk) = n1 +
n2 – 2 dengan taraf signifikansi 5 % yaitu 2,038 dan taraf signifikan 1% yaitu
2,741. Karena thitung < ttabel, berarti Ho diterima. Maka, hipotesis
menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan atau kesenjangan yang signifikan
antara variabel X1 dengan variabel X2 baik pada minat maupun pada kreativitas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PKK 015 |
Keywords: | Minat belajar, Anyaman, Gender |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Jan 2017 08:12 |
Last Modified: | 10 Jan 2017 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22535 |