Sembiring, Elina Sri Ulina (2015) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT BANTAL HIAS PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN SISWA SMP PEMBANGUNAN GALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
3 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8 BAB I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
12 BAB V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil belajar menggunakan
metode pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD terhadap hasil belajar
membuat bantal hias pada mata pelajaran keterampilan pada siswa kelas VIII SMP
Pembangunan Galang (2) Mengetahui hasil belajar mata pelajaran keterampilan
membuat bantal hias berbahan dasar kain flanel menggunakan teknik aplikasi (3)
Mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Cooperative
Learning tipe STAD terhadap hasil belajar bantal hias pada mata pelajaran
keterampilan pada siswa kelas VIII SMP Pembangunan Galang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu
(Quasi Experiment). Dengan menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas dan
variabel terikat. Hasil belajar membuat bantal hias yang menggunakan metode
pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD (X1) merupakan variabel bebas
sedangkan hasil belajar membuat bantal hias yang menggunakan metode pembelajaran
konvensional (X2) merupakan ubahan variabel terikat. Jumlah sampel 30 orang siswa
dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Total sampling. Untuk mengetahui
lembar validitas pengamatan maka dilakukan uji kesepakatan pengamat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Untuk uji normalitas data
menggunakan rumus chi kuadrat pada taraf signifikan 5% dengan dk = 5, diperoleh
hasil belajar Membuat bantal hias kelas Eksperimen berdistribusi nomal, karena Xhitung
< Xtabel(-105,23 < 11,070,) dan kelas Kontrol berdistribusi normal, karena Xhitung <
Xtabel (-62,43) < 11,070). Sedangkan uji homogenitas, diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu
0,21 < 1,89 sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen).
Hasil uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 45,20
sedangkan nilai tabel pada taraf signifikansi 5% dengan n = 60 sebesar 1,67. Dengan
demikian thitung > ttabel (45,20 > 1,67). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa
terdapat Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD
Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Keterampilan Membuat Bantal Hias Pada
Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Galang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BUSANA 017 |
Keywords: | Hasil Belajar, Metode Pembelajaran,Mata Pelajaran Keterampilan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TS Manufactures > TS155 Production management. Operations management |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Jan 2017 07:24 |
Last Modified: | 10 Jan 2017 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22528 |