Goretti, Nathilia (2015) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SANTA LUSIA MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103113036 NATHALIA GORETTI T - COVER.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
1103113036 NATHALIA GORETTI T - LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (992kB) | Preview
1103113036 NATHALIA GORETTI T - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
1103113036 NATHALIA GORETTI T - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
1103113036 NATHALIA GORETTI T - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103113036 NATHALIA GORETTI T - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103113036 NATHALIA GORETTI T - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
1103113036 NATHALIA GORETTI T - DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1103113036 NATHALIA GORETTI T - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103113036 NATHALIA GORETTI T - BAB I.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
1103113036 NATHALIA GORETTI T - BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah keterampilan sosial belum berkembang
pada anak usia 5-6 tahun di TK Santa Lusia Medan T.A 2014/2015. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap
keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Santa Lusia Medan T.A 2014/2015.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yaitu only-post test
control grup design. Penelitian ini melibatkan dua kelas sampel yaitu kelas
eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 74 anak, yang
terdiri dari 37 anak di kelas eksperimen dan 37 anak di kelas kontrol. Instrumen
penelitian ini menggunakan lembar tes informal yang berisi sebuah daftar jenis
kegiatan atau perilaku yang akan di amati (observasi).
Berdasarkan deskripsi data hasil penelitian dan pembahasan diperoleh ratarata
nilai pada kelas eksperimen (55,05) lebih baik dari pada kelas kontrol yaitu
(46,5) dengan nilai tertinggi pada kelas eksperimen 60 dan nilai terendah 44,
sedangkan kelas kontrol dengan nilai tertinggi 50 dan nilai terendah 40. Uji
hipotesis menunjukkan bahwa thitung (9,179) > ttabel (1,671) pada taraf α = 0.05,
dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian hipotesis yang
berbunyi : Ada Pengaruh Yang Signifikan Antara Metode Bermain Peran
Terhadap Keterampilan sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Santa Lusia Medan
Tahun Ajaran 2014/2015 teruji kebenarannya.
Berdasarkan penjelasan yang telah dipaparkan di atas dapat ditarik
kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode bermain peran
mampu memberikan peningkatan terhadap keterampilan sosial anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PAUD 001 |
Keywords: | Metode Bermain Peran, Keterampilan Sosial, Kerja Kelompok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Jan 2017 06:50 |
Last Modified: | 09 Jan 2017 06:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22517 |