Hutabarat, Randi Aditya (2015) ANALYSE DE LA METAPHORE DES CHANSONS FRANÇAISES D’ÉDITH PIAF. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover-209131021.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
7. List Of Appendix-209131021.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
8. Chapter I-209131021.pdf - Published Version
Download (770kB) | Preview
12. Chapter V-209131021.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
13. Bibliography-209131021.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
3. Abstract-209131021.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
6. Lists Of Tables-209131021.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4. Preface-209131021.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. Table Of Content-209131021.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
2. Approval-209131021.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
Abstract
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk dari majas metafora menurut teori dari Goatly yang terdapat dalam sepuluh lagu prancis dari Édith Piaf yang terdapat dalam film « La Vie En Rose » dan untuk mengetahui kegunaan dari tiap bentuk dan yang paling sering ditemukan dalam lagu-lagu tersebut.
Penelitian ini akan berfokus pada penggunaan bentuk metafora dalam sepuluh lagu prancis dari Édith Piaf dan bentuk-bentuk metafora yang dianalisis adalah sebagai berikut : metafora aktif, metafora inaktif, metafora subjektif, metafora mimetik, metafora fenomenologi, metafora presisi, metafora simbolisme, dan metafora aproksimatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sehingga seluruh hasil dari penelitian ini dideskripsikan dalam bentuk kalimat-kalimat tertulis. Langkah-langkah yang dilakukan yaitu mendengarkan lagu-lagu tersebut yang digunakan sebagai sumber dengan seksama, memahami seluruh bentuk metafora yang akan diteliti dalam lagu-lagu tersebut, membaca seluruh lirik lagu-lagu tersebut. Mencari bentuk-bentuk metafora yang terdapat dalam lirik-lirik tersebut. Menganalisis dan mengidentifikasi bentuk metafora, kemudian mengklasifikasikan bentuk-bentuk tersebut dan yang terakhir membuat kesimpulan dalam penggunaan metafora dalam lagu-lagu prancis Édith Piaf.
Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah didapat bentuk-bentuk metafora yang terdapat dalam sepuluh lagu prancis dari Édith Piaf adalah sebagai berikut metafora aktif ada 3 (4,11 %), metafora inaktif ada 4 (5,47 %), metafora subjektif ada 2 (2,73 %), metafora mimetik ada 16 (21,91 %), metafora fenomenologi ada 6 (8,21 %), metafora presisi ada 10 (13,69 %), métaphore simbolisme ada 28 (38,35 %), métaphore aproksimatif ada 4 (5,47 %). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bentuk metafora yang paling sering ditemukan dalam lagu adalah metafora simbolisme (28 buah : 38,35 %) dan bentuk yang paling sedikit ditemukan adalah metafora subjektif (2 buah : 2,73%)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FRA 022 |
Keywords: | Métaphore, Chansons d’Édith piaf |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PC Romance languages > PC2001 French |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 Jan 2017 04:13 |
Last Modified: | 04 Jan 2017 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22496 |