Susanti (2015) HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR DESAIN SISWA KELAS X TATA BUSANASMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. SUSANTI, NIM 5103141037, COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. SUSANTI, NIM 5103141037, LEMBAR PERSETUJUAN , SURAT PERNYATAAN danLEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (766kB) | Preview
3. SUSANTI, NIM 5103141037, ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. SUSANTI, NIM 5103141037, KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
5. SUSANTI, NIM 5103141037, DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8. SUSANTI, NIM 5103141037, DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6. SUSANTI, NIM 5103141037, DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
7. SUSANTI, NIM 5103141037, DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
13. SUSANTI, NIM 5103141037 , BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. SUSANTI, NIM 5103141037, BAB I.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
14. SUSANTI, NIM 5103141037 , DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar dasar desain pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar.
Populasi dalam penelitian adalah seluruh Siswa SMK Tata Busana sebanyak 84 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel penelitian adalah 84 orang. Metode pengumpulan data metode deskriptif korelasional. Analisis data menggunakan teknik deskriptif korelasional, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji linieritas. Sedangkan uji hipotesis dengan korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan sumber belajar pada siswa tergolong cenderung tinggi sebesar 70,2% dan hasil belajar dasar desain pada siswa cenderung cukup sebesar 81%. Hasil uji linieritas untuk persamaan regresi Y atas X diperoleh persamaan Ŷ = 1,377 + 0,451X dan memiliki hubungan yang linier pada taraf signifikasi 5% karena Fhitung < Ftabel (0,864 < 1,69) dan koefisien arah regresi Y atas X adalah berarti karena Fhitung > Ftabel (49,781 > 1,69). Dari hasil analisis korelasi diperoleh rxy sebesar 0,615 sedangkan nilai rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N=84 adalah sebesar 1,989. Dengan demikian, harga rxy > rhitung (0,615 > 1,989) dan harga rhitung > rtabel (0,615 > 0,215) sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat hubungan pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar desain siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar dapat diterima atau teruji kebenaranya. Dengan demikian, bahwa dengan pemanfaatan sumber belajar yang baik, maka akan meningkatkan hasil belajar desain siswa SMK Negeri 3 Pematangsiantar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PKK 009 |
Keywords: | sumber Belajar, Dasar Desain, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NK Decorative arts > NK1160 Decoration and ornament. Design |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Jan 2017 09:30 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 09:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22493 |