HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PRAKARYA SISWA KELAS VIII SMP MARDI LESTARI MEDAN

Simorangkir, Hesty Rebecca (2015) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PRAKARYA SISWA KELAS VIII SMP MARDI LESTARI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of NIM 5103341016 COVER.pdf]
Preview
Text
NIM 5103341016 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of NIM 5103341016 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
NIM 5103341016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[thumbnail of NIM 5103341016 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
NIM 5103341016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of NIM 5103341016 PREFACE.pdf]
Preview
Text
NIM 5103341016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of NIM 5103341016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
NIM 5103341016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of NIM 5103341016 TABLES.pdf]
Preview
Text
NIM 5103341016 TABLES.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of NIM 5103341016 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
NIM 5103341016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of NIM 5103341016 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
NIM 5103341016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of NIM 5103341016 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
NIM 5103341016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview
[thumbnail of NIM 5103341016 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
NIM 5103341016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of NIM 5103341016 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
NIM 5103341016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui tingkat Kecenderungan kemandirian belajar siswa dalam mata pelajaran Prakarya kelas VIII SMP Mardi Lestari Medan, 2) Untuk mengetahui tingkat kecenderungan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Prakarya kelas VIII SMP Mardi Lestari Medan, 3) Untuk mengetahui tingkat kecenderungan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Prakarya siswa kelas VIII SMP Mardi Lestari Medan, 4) Untuk mengetahui apakah ada Hubungan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Prakarya Siswa Kelas VIII SMP Mardi Lestari Medan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Mardi Lestari Medan sebanyak 36 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Data ini dijaring dengan menggunakan angket untuk Kemandian Belajar (X1) dan Minat Belajar Siswa (X2; untuk Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya (Y) dijaring menggunakan lembar observasi, yaitu dengan mengamati hasil belajar dalam membuat bingkai foto dari limbah kulit jagung.
Sebelum instrument penelitian ini digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji coba insrument, angket di uji cobakan di SMP Medan Putri Medan kelas VIII dengan jumlah responden 30 orang. Untuk menghitung validitas (kesahian) instrument penelitian di uji dengan rumus product moment untuk angket, dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikan 5%. Hasil uji coba angket kemandirian belajar didapat 40 butir valid, 10 butir tidak valid sedangkan realibilitas (keterandalan) instrument penelitian ini diuji dengan menggunakan rumus koefisien alfa yaitu sebesar 0,78 dikategorikan tinggi dan uji coba angket minat belajar siswa didapat 40 butir valid, 10 butir tidak valid, sedangkan realibilitas (keterandalan) instrument penelitian ini diuji dengan menggunakan rumus koefisien alfa yaitu sebesar 1 dikategorikan sangat tinggi.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis data setelah dilakukan pengujiannya dengan jumlah responden 36 orang, maka secara umum ditemukan bahwa Tingkat Kemandirian Belajar cenderung tinggi dimana Mh > Mi (119,44 > 100) dan Tingkat Minat Belajar Siswa cenderung tinggi dimana Mh > Mi (119,36 > 100), serta Tingkat Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya cenderung tinggi dimana Mh > Mi (194,28 > 162,5).
Dari analisa data yang menggunakan rumus product moment ryx1x2 = 0,65 dibandingkan dengan rtabel = 0,329, dari nilai tersebut dapat dilihat bahwa rx12y > rtabel yang menunjukkan hubungan yang kuat. Sedangkan uji hipotesis diperoleh Fhitung = 27,4 dan Ftabel = 3,28, maka Fhitung > Ftabel. Hal ini berarti hipotesis yang menyatakan terdapatnya hubungan kemandirian belajar dan minat belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar Prakarya siswa kelas VIII SMP Mardi Lestari Medan dapat diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 PKK 003
Keywords: Minat Belajar, Kerajinan Limbah Organik, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1037 Career education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Jan 2017 08:49
Last Modified: 03 Jan 2017 08:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22490

Actions (login required)

View Item
View Item