EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Berutu, Eky Febri Astuti (2015) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of [1] 209311045 COVER.pdf] Text
[1] 209311045 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB)
[thumbnail of [6] 209311045  DAFTAR TABEL.pdf] Text
[6] 209311045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (129kB)
[thumbnail of [7] 209311045  DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
[7] 209311045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (181kB)
[thumbnail of [8] 209311045  DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
[8] 209311045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51kB)
[thumbnail of [9] 209311045  BAB I.pdf] Text
[9] 209311045 BAB I.pdf - Published Version

Download (438kB)
[thumbnail of [13] 209311045  BAB V.pdf] Text
[13] 209311045 BAB V.pdf - Published Version

Download (179kB)
[thumbnail of [2] 209311045  LEMBAR PERNYATAAN & PENGESAHAN.pdf] Text
[2] 209311045 LEMBAR PERNYATAAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of [3] 209311045  ABSTRAK.pdf] Text
[3] 209311045 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of [4] 209311045  KATA PENGANTAR.pdf] Text
[4] 209311045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of [5] 209311045  DAFTAR ISI.pdf] Text
[5] 209311045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran kreatif produktif terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 yang berjumlah 379 orang. Sampel diambil sebanyak 35 orang, dari satu kelas yang dipilih berdasarkan random. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test – post-test design. Desain ini melihat hasil belajar siswa yang didapat dari pelaksanaan sebelum dan setelah perlakuan strategi pembelajaran untuk mengetahui efektif tidaknya strategi pembelajaran yang digunakan terhadap sampel. Alat pengumpulan data berupa tes esay yang diberikan sebelum dan setelah perlakuan model pembelajaran. Setelah penelitian dilakukan, diketahui hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kreatif produktif berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 75,71. dibandingkan dengan hasil sebelum diberikan perlakuan dengan strategi pembelajaran kreatif produktif hasil belajar siswa berada dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 64,71. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus uji ”t”. Dari perhitungan uji hipotesis, diperoleh harga thitung = 4,42 sedangkan harga ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 1,67, dengan df = 70-2 = 68. Hipotesis dikatakan efektif apabila ttabel < thitung, maka jika 1,67 < 4,42. Hal ini menunjukkan Hipotesis nol (H0) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kreatif produktif efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis naskah drama oleh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 IND 014
Keywords: Strategi pembelajaran; Kreatif; Produktif; Menulis; Naskah drama; Penyajian lakon
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 Jan 2017 03:20
Last Modified: 03 Jan 2017 03:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22482

Actions (login required)

View Item
View Item