Pratiwi, Indah (2015) PENGARUH PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA (INDUSTRI) DI SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5102143003 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. 5102143003 SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
3. 5102143003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (793kB) | Preview
4. 5102143003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
5. 5102143003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. 5102143003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7. 5102143003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. 5102143003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. 5102143003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
10. 5102143003 BAB I.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
14. 5102143003 BAB V.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
16. 5102143003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode kerja kelompok, mengetahui hasil belajar pembuatan busana (industri) pada siswa kelas XI SMK Negeri 10 Medan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2014/2015 tepatnya dipraktekan pada kelas XI SMK. Lokasi penelitian di SMK Negeri 10 Medan.
Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI jurusan Tata Busana SMK Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak tiga kelas dengan jumlah 83 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan alasan kriteria tertentu yakni menentukan kelas secara sengaja pada kelas XI TB 1 dan XI TB 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (Quasi Experiment).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar pembuatan busana (industri) pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 10 Medan untuk kelas eksperimen cenderung tinggi dimana jumlah siswa pada kategori tinggi yaitu 100%. Tingkat kecenderungan hasil belajar pembuatan busana (industri) untuk kelas kontrol cenderung rendah yaitu 53%. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus Liliefors pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 30, diperoleh data hasil belajar pembuatan busana (industri) kelas eksperimen berdistribusi normal, karena Lhitung<Ltabel (0,0063<0,361) dan kelas kontrol berdistribusi normal, karena Lhitung<Ltabel (0,0207<0,361). Hal ini berarti bahwa data hasil belajar untuk kedua kelas sampel dapat dilanjutkan ke tahap analisis data karena uji normalitas diatas merupakan salah satu uji persyaratan analisis. Sedangkan uji homogenitas, diperoleh Fhitung<Ftabelyaitu 0,67<1,86 sehingga kedua kelas penelitian memilik varians yang sama (homogen). Hal ini membuktikan bahwa terdapat keselarasan antara data hasil penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh Sgabungan sebesar 1,67, sedangkan nilai thitung sebesar 58,18 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 58 sebesar 1,671. Dengan demikian thitung>ttabel (58,18>1,671). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Metode Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pembuatan Busana (Industri) pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 10 Medan. Berdasarkan hasil perhitungan diatas, dapat dilihat bahwa penerapan metode kerja kelompok sangat baik digunakan di SMK Negeri 10 Medan terutama dalam Pembuatan Busana (Industri).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PKK 008 |
Keywords: | metode kerja kelompok, hasil belajar, Industri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Jan 2017 02:54 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22479 |