Fifi, Anisa (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD DAN METODE KERJA KELOMPOK DI SMK PUTRA ANDA BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509142004 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 509142004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
3. NIM. 509142004 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
4. NIM. 509142004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM. 509142004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 509142004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM. 509142004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
8. NIM. 509142004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
12. NIM. 509142004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
13. NIM. 509142004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa yang
diajar dengan menggunakan Metode Kooperatif Tipe STAD; (2) Hasil belajar
siswa yang diajar dengan menggunakan Metode Kerja Kelompok; (3) Perbedaan
hasil belajar pertolongan pertama pada kecelakaan dengan menggunakan Metode
Kooperatif Tipe STAD dan Metode Kerja Kelompok. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan
pada siswa kelas X Jasa Boga SMK Putra Anda Binjai tahun ajaran 2014/2015.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X Jasa Boga yang berjumlah 32
orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara acak/random, dimana
kelas yang diajar dengan menggunakan metode kooperatif tipe STAD berjumlah
16 orang dan kelas yang diajar dengan metode kerja kelompok berjumlah 16
orang. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes. Teknik
analisis data yang digunakan adalah deskripsi data penelitian, mencari tingkat
kevcenderungan hasil belajar, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Penelitian ini dilakukan selama 2 kali pertemuan.
Berdasarkan hasil penelitian Hasil Belajar siswa yang diajar dengan
menggunakan metode kooperatif tipe STAD termasuk kategori cenderung tinggi
tinggi sebesar 62,5 persen dengan rataan 78,25 dan Sd 13,38. Hasil Belajar siswa
yang diajar dengan menggunakan metode kerja kelompok termasuk kategori
cenderung cukup sebesar 68,75 persen dengan rataan 66,69 dan Sd 11,58. Secara
statistik dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayan α =0,05, dimana thitung >
ttabel yaitu (2,69> 2,04) disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan
menggunakan Metode Kooperatif Tipe STAD lebih tinggi dibandingkan dengan
hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Metode Kerja Kelompok
pada mata pelajaran Kesehatan dan Keamanan Kerja. Artinya metode
pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada metode pembelajaran
metode kerja kelompok
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BOGA |
Keywords: | Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan; Metode Kooperatif Tipe STAD; Metode Kerja Kelompok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA601 Food and food supply in relation to public health |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 07:37 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22473 |