Purnamasari, Novita (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DASAR BOGA MENNGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 509142028 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
3. NIM 509142028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. NIM 509142028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
2. NIM 509142028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
5. NIM 509142028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
6. NIM 509142028 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM 509142028 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM 509142028 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM 509142028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
13. NIM 509142028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
14. NIM 509142028 BIBLIOGHRAPY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh gambaran tentang peningkatan hasil belajar siswa dan (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dasar boga antara siswa yang menggunakan metode demonstrasi dengan siswa yang menggunakan media audiovisual. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Tata Boga SMK Negeri 10 Medan dengan jumlah siswa seluruhnya adalah 60 siswa, yang terdiri dari 2 kelas yakni kelas X Tata boga 1 disebut kelas kelompok I sebanyak 30 siswa dengan menggunakan metode demonstrasi dan kelas X Tata Boga 2 disebut kelas kelompok II sebanyak 30 siswa dengan menggunakan media audiovisual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan tes objektif sebagai alat untuk mendapatkan data penelitian, pengumpulan data dilakukan dengan tes yang diberikan kepada siswa diawal dan diakhir penelitian. dengan demikian akan terlihat bagaimana perbedaan hasil belajar dasar boga dengan metode dan media yang berbeda.
Berdasarkan hasil penelitian uji persyaratan data, baik data hasil belajar siswa pada kelas kelompok I maupun kelas kelompok II dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Sementara berdasarkan hasil analisis data penelitian, terlihat adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kelompok I dengan kelas kelompok II, dimana rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kelompok I sebesar 78,833 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kelompok II adalah sebesar 72,167. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut, juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayan α =0,05, dimana thitung > ttabel yaitu (4,99 >1,59), yang berarti dalam penelitian hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi lebih baik dari pada media audiovisual terhadap hasil belajar siswa di kelas X SMK Negeri 10 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BOGA 001 |
Keywords: | Dasar Boga, Media , Audio Visual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 04:29 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22470 |