Barus, Meilisa (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 2103311024 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. 2103311024 LEMBAR PENGESAHAN dan PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (739kB) | Preview
3. 2103311024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. 2103311024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
5. 2103311024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. 2103311024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. 2103311024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
8. 2103311024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
9. 2103311024 BAB I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
13. 2103311024 BAB V.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabanjahe tahun Pembelajaran 2014/2015 dengan jumlah 201 orang . Sampel diambil secara homogen dengan random sampling yaitu kelas VII-3 yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data diperoleh hasil pretest dengan rata-rata = 64,9, standar deviasi = 8,64 dan termasuk pada kategori sangat baik 0%, kategori baik 40%, kategori cukup 53,33%, kategori kurang 6,66%, dan kategori sangat kurang 0%. Sedangkan hasil posttest diperoleh rata-rata 79, standar deviasi = 1,60 dengan kategori sangat baik 40%, kategori baik 53,33%, kategori cukup 6,66%, kategori kurang 0%, dan kategori sangat kurang 0%. Dari uji data hasil pre-test dan post-test didapat kedua asil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah t0 sebesar 5,13. Selanjutnya setelah t0 diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada tarif signifikan 5% dengan df = N-1 = 30 – 1 = 29 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,04, karena t0 yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 5,13 > 2,04, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks berita di SMP Negeri 2 kabanjahe tahun ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2015 IND 024 |
Keywords: | Model pembelajaran inkuiri; Teks cerita pendek |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Dec 2016 04:24 |
Last Modified: | 29 Dec 2016 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22450 |