Nasution, Rostina (2015) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING TERHADAP PEMAHAMAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS X SMA NEGERI 1 SEI KANAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM - 2101111013 Cover.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM - 2101111013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (839kB) | Preview
3. NIM - 2101111013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4. NIM - 2101111013 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5. NIM - 2101111013 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
6. NIM - 2101111013 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM - 2101111013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
8. NIM - 2101111013 BAB I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
12. NIM - 2101111013 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. NIM - 2101111013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran hypnoteaching terhadap pemahaman teks laporan hasil observasi kelas X SMA Negeri 1 Sei Kanan tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sei Kanan sebanyak 150 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 60 orang, 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen post-test only design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah essay test. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari hasil penelitian diperoleh kemampuan memahami teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode pembelajaran hypnoteaching oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sei Kanan Tahun Pembelajaran 2014/2015 berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 76,53, dan kemampuan memahami teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sei Kanan Tahun Pembelajaran 2014/2015 berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 63,16. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 4,36, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf 5% maupun 1% dengan dk = (N1+N2) – 2 = (30+30) -2 = 58, maka diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,04 dan taraf signifikansi 1% = 2,39. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 0,71<1,94 >2,04 maka dapat Ha (hipotesis alternatif) diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran hypnoteaching berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa memahami teks laporan hasil observasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 004 |
Keywords: | Hypnoteaching; Teks laporan hasil observasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Dec 2016 03:48 |
Last Modified: | 29 Dec 2016 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22431 |