Cibro, Fransiska M.M (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESRIPSI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SALAK PAKPAKBHARAT TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 2103311014 Cover Sikripsi.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. 2103311014 LEMBAR PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (728kB) | Preview
3. 2103311014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. 2103311014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
5. 2103311014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
6. 2103311014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. 2103311014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. 2103311014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. 2103311014 BAB I.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
13. 2103311014 BAB V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks deskripsi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri I Salak Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 180 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa yang diambil secara homogen dikarenakan setiap kelas memiliki tingkat kemampuan yang sama, maka peneliti memilih dua kelas untuk menjadi sampel penelitian. Desain yang dilakukan yaitu post test only control group desingn. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas X SMA Negeri I Salak Tahun Pembelajaran 2014/2015 hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun nilai rata- rata kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah = 78,16, Standar Deviasi = 8,08 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 28,4%, kategori baik sebanyak 56,8% dan kategori cukup sebanyak 10,7 %. Sedangkan nilai rata- rata kelas kontrol dengan model Ekspositori = 67,6 , Satandar Deviasi = 8,82 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 5,88%, kategori baik sebanyak 39,17 % , kategori cukup sebanyak 50,94 % dan kategori kurang 0% . Dari hasil uji data post-test diketahui duanya berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar = 5,20, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel sebesar = 2,00 pada taraf signifikan 5% dk ak 5,20>2,00 maka hipotesis nihil :Tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap model pembelajaran Berbasis Masalah dalam menulis teks deskripsi ( H0 ) ditolak dan hipotesis alternatif : Ada pengaruh yang signifikan terhadap model pembelajaran Berbasis Masalah dalam menulis teks deskripsi diterima.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks deskripsi oleh siswa kelas X SMA Negeri I salak Kabupaten Pakpakbharat Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 003 |
Keywords: | Model pembelajaran berbasis masalah; Teks deskriptif; Metode ceramah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Dec 2016 03:44 |
Last Modified: | 29 Dec 2016 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22427 |