Mangunsong, Eirene Juliani (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DENGAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR NOTASI MUSIK KELAS XI SEMESTER GANJIL SMA METHODIST KUALA TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2103340017 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 2103340017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
3. NIM. 2103340017 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. NIM. 2103340017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
5. NIM. 2103340017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
6. NIM. 2103340017 TABLES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. NIM. 2103340017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. NIM. 2103340017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. NIM. 2103340017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
13. NIM. 2103340017 CHAPTR V.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
14. NIM. 2103340017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar notasi musik kelas XI semester ganjil SMA Methodist Kuala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran discovery dengan metode talking stick pada materi notasi musik. Schubert (dalam Nurdin dan Usman, 2004:70) mengemukakan bahwa “penerapan adalah mempraktekkan”. Guru dituntut untuk mampu menerapkan model pembelajaran discovery dengan metode talking stick dalam pembelajaran notasi musik kelas XI dengan baik untuk memberikan dampak positif dan peningkatan terhadap aktivitas belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sampel penelitian ialah siswa kelas XI SMA Methodist Kuala berjumlah 12 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk melihat peningkatan aktivitas belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran discovery dengan metode talking stick.
Hasil penelitian untuk aktivitas siswa menunjukkan bahwa : pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 66,66. Pada siklus II nilai rata-rata 81,47. Dengan demikian, terdapat peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II yaitu 14,94. Kelulusan pada siklus I mencapai 25% (3 siswa yang tuntas) sedangkan pada siklus II mencapai 75% (9 siswa yang tuntas). Dengan demikian, penerapan model pembelajaran discovery dengan metode talking stick dapat meningkatkan aktivitas belajar notasi musik kelas XI semester ganjil SMA Methodist Kuala Tahun Ajaran 2014/2015. Untuk meningkatkan aktivitas belajar notasi musik kelas XI semester ganjil SMA Methodist Kuala Tahun Ajaran 2014/2015 dengan menerapkan model pembelajaran discovery dengan metode talking stick
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSK 037 |
Keywords: | Discovery, Talking Stick, Notasi Musik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Dec 2016 03:59 |
Last Modified: | 27 Dec 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22361 |