Simamora, Dina Mariana (2015) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA IRAMA SISWA KELAS VII DI SMP KATOLIK MARIANA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Nim 2103140010 COVER.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
2. NIM 2103140010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 2103140010 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4. NIM 2103140010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM 2103140010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
6. NIM 2103140010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM 2103140010 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM 2103140010 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (557kB) | Preview
13. NIM 2103140010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
12. NIM 2103140010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar membaca irama siswa kelas VII SMP Katolik Mariana Medan, dan dengan tujuan yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar membaca irama siswa kelas VII dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick.
Penelitian ini berdasarkan pada landasan teoritis yang menjelaskan pengertian model pembelajaran, pengertian metode pembelajaran, pengertian hasil belajar, pengertian musik, dan pengertian irama.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan di SMP Katolik Mariana Medan dengan subjek adalah siswa kelas VII yang berjumlah 50 orang. Dalam pengumpulan data teknik digunakan tes hasil belajar, wawancara, observasi lapangan, studi kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelasnya adalah 72,94. Pada siklus II nilai rata-rata kelas 82,62, menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 9,68. Dan kelulusan secara klasikal pada siklus I mencapai 62% (31 orang) sedangkan pada siklus II mencapai 86% (43 orang). Dengan demikian model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar membaca irama siswa.
Dapat disimpulkan bahwa yang menyebabkan rendahnya hasil belajar membaca irama siswa kelas VII SMP Katolik Mariana Medan adalah cara mengajar guru yang membosankan, guru cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga siswa merasa bosan dan kurang dapat memahami penjelasan guru sehingga menyebabkan siswa belajar secara individu, kurang melibatkan interaksi sosial yang dapat menimbulkan kebosanan siswa yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar membaca irama siswa, dan cara meningkatkan hasil belajar membaca irama siswa kelas VII SMP Katolik Mariana Medan adalah dengan cara menerapkan salah satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran Talking Stick. Dan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar membaca irama siswa kelas VII SMP Katolik Mariana Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSK 016 |
Keywords: | Talking Stick, Irama, Musik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > ML Literature on music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Dec 2016 08:20 |
Last Modified: | 23 Dec 2016 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22335 |