Andira,, Rahmad Bayu (2015) STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 29 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7113341055 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 7113341055 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (947kB) | Preview
3. NIM. 7113341055 ABSTRAK(BHS INDONESIA & BHS INGGRIS).pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4. NIM. 7113341055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
5. NIM. 7113341055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM. 7113341055 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM. 7113341055 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM. 7113341055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. NIM. 7113341055 BAB I.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
13. NIM. 7113341055 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 7113341055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih
baik antara model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan model
pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 29 Medan
T.P. 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu (quasy
experimental research). Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan
menggunakan purposive sampling karena sampel diambil dari nilai kelas yang
mendapatkan nilai mata pelajaran IPS yang terendah. Sampel dalam penelitian ini
terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VIII-7 sebanyak 36 siswa untuk kelas Student
Facilitator and Explaining dan kelas VIII-6 sebanyak 36 siswa untuk kelas
Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).
Berdasarkan analisis data hasil penelitian dengan menggunakan SPSS
pada uji independent samples t test, diperoleh nilai Asymp.Sig.(2-tailed) lebih
kecil dari pada nilai α (0,009 < 0,05). Dengan melihat hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa dalam penelitian ini Ha diterima sekaligus menolak H0 yang
berarti ada perbedaan antara model pembelajaran Student Facilitator and
Explaining dan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and
Composition (CIRC) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas
VIII SMP Negeri 29 Medan T.P. 2014/2015. Hal ini terbukti dari perhitungan
hasil belajar siswa pada deskriptif variabel penelitian, dimana nilai rata-rata hasil
belajar siswa pada kelas Student Facilitator and Explaining yaitu 75,05 lebih kecil
dari pada nilai rata-rata kelas Cooperative Integrated Reading and Composition
(CIRC).yaitu 80,80.
Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan
dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and
Composition (CIRC) lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan
dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 NIAGA 009 |
Keywords: | Model Pembelajaran, Student Facilitator and Explaining, Cooperative Integrated Reading and Composition,Hasil Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Dec 2016 03:59 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22259 |