Nasution, Roilanna Sari (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA SWASTA AL-HIDAYAH MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 7102141039 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. 7102141039 LEMBAR PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
3. 7102141039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
4. 7102141039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
5 7102141039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
6. 7102141039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
7. 7102141039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
8. 7102141039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
9. 7102141039 BAB I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
13. 7102141039 BAB V.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
14. 7102141039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Dalam penelitian ini salah satunya yang menjadi permasalahannya adalah “Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajara Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Swasta Al-Hidayah Medan Tahun Ajaran 2013/2014”.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Swasta Al-Hidayah Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMA Swasta Al-Hidayah Medan Tahun Ajaran 2013/2014, yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 102 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas X2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Heads Together lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarakan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Numbered Heads Together adalah pre-test sebesar 45,46 dan post-tes sebesar 75,46 sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 38,90 dan postes sebesar 64,06. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,140 > 1,66967 pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05. Hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Swasta Al-Hidayah Medan Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2014 NIAGA 002 |
Keywords: | Model Pembelajaran, Metode Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Dec 2016 03:01 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22248 |