Zulaiva, Rabiah (2014) HUBUNGAN PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7103341091 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 7103341091 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
4. NIM. 7103341091 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
3. NIM. 7103341091 KATA-PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
5. NIM. 7103341091 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. NIM. 7103341091 DAFTAR TABEL iii.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
7. NIM. 7103341091 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
8. NIM. 7103341091 BAB 1.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
12. NIM. 7103341091 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM. 7103341091 DAFTAR PUSTAKA skirpsi dedek.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
14. NIM. 7103341091 DAFTAR-RIWAYAT-HIDUP-1.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui
hubungan peran guru sebagai motivator dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP
Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan, yang
beralamat di jalan Tuasan No. 35 Medan. Jumlah populasi pada penelitian ini 131
responden yang terdiri dari 4 kelas, dan dengan menggunakan teknik sample random
sampling maka jumlah sampel adalah 34 responden. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini dengan menggunakan angket yang terdiri atas 23 butir dengan teknik
cronbach alpha diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,941. Instrument yang digunakan
untuk mengukur variabel X berupa angket sedangkan untuk melihat variabel Y.
Teknik analisis data menggunakan koefisien korelasi dan pengujian hipotesis
menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh perhitungan koefisien korelasi Product
Moment diketahui bahwa rhitung > rtabel yaitu 0,935 > 0,338 pada taraf signifikan 95%
dan alpha 0,05%. Ini menunjukkan bahwa korelasi antara peran guru sebagai
motivator dengan prestasi belajar. Dan uji-t diperoleh thitung >ttabel yaitu 9,308 > 2,037.
Ini menunjukkan bahwa korelasi antara peran guru sebagai motivator dengan prestasi
belajar dan hipotesis diterima
Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Terdapat hubungan
antara peran guru sebagai motivator dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII
SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2014 EKO 004 |
Keywords: | Peran Guru Sebagai Motivator, Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Dec 2016 02:26 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 02:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22233 |