Saputra, Dhani (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN EMOTIONAL QUOTIENT TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SOS SMA NEGERI 1 KABANJAHE T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM_7103341025_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM_7103341025_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
3. NIM_7103341025_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
4. NIM_7103341025_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
5. NIM_7103341025_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM_7103341025_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. NIM_7103341025_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. NIM_7103341025_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM_7103341025_BAB I.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
13. NIM_7103341025_BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM_7103341025_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
15. NIM_7103341025_DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model
pembelajaran problem based learning dan emotional quotient terhadap hasil
belajar siswa kelas X SOS SMA Negeri 1 Kabanjahe Tahun Pembelajaran
2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model
pembelajaran problem based learning dan emotional quotient terhadap hasil
belajar siswa kelas X SOS SMA Negeri 1 Kabanjahe Tahun Pembelajaran
2014/2015
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kabanjahe yang beralamat
di Jalan Djamin Ginting No. 31 Kabanjahe. Jenis penelitian ini adalah penelitian
Eksperimen. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam menguji hipotesis,
maka teknik pengumpulan data adalah angket. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X SOS SMA N 1 Kabanjahe yang berjumlah 154
siswa. Sedangkan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini menggunakan
teknik purposive sampling area dan diperoleh sampel sebanyak 78 orang. Data
kecerdasan emosional (emotional quotient) siswa diperoleh dengan menggunakan
angket, dan data hasil belajar siswa diperoleh dari daftar kumpulan nilai (DKN).
Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus Product Moment,
dan reliabilitasnya diperoleh dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Varian
(ANAVA) 2 jalur.
Berdasarkan hasil analisis varian 2 jalur untuk variabel model Problem
Based Learning (X) bahwa harga Fhitung sebesar 73.50 > Ftabel sebesar 4,01. Hal ini
berarti model Problem Based Learning mempengaruhi hasil belajar siswa. Untuk
variabel Emotional Quotient (x) dengan Fhitung = 40,59 > Ftabel sebesar 4,01. Hal ini
berarti ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa
yang memiliki Emotional Quotient yang baik dan kurang baik
Dari hasil perhitungan anava 2 x 2 diperoleh Fhitung = -2,68 < Ftabel =
4.01. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa tidak terdapat interaksi antara
model pembelajaran dan Emotional Quotient dalam mempengaruhi hasil belajar
siswa, sehingga uji lanjut tidak dapat dilakukan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2014 EKO 002 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Emotional Quotient, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Dec 2016 02:18 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22231 |