Sinaga, Afrilina (2014) STUDI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BIOLOGI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4103141003 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 4103141003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
3. NIM. 4103141003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM. 4103141003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 4103141003 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 4103141003 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 4103141003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. NIM. 4103141003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
10. NIM. 4103141003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
14. NIM. 4103141003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
9. NIM. 4103141003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru biologi dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri Se-Kabupaten Humbang Hasundutan baik yang sudah sertifikasi maupun yang belum sertifikasi berdasarkan self evaluation dan penilaian siswa. Aspek yang dinilai dari kompetensi pedagogik guru adalah: pemahaman peserta didik, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan pengembangan peserta didik. Instrumen penilaian penelitian berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru biologi yang mengajar di SMA Negeri Se-Kabupaten Humbang Hasundutan-Doloksanggul yang berjumlah 20 orang (14 yang sudah sertifikasi dan 6 belum sertifikasi). Semua populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini. Analisis data menggunakan analisis korelasi dengan SPSS 16.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian siswa pada guru yang sudah sertifikasi pada aspek pemahaman peserta didik adalah (3,00±0,85):(3,35±0,79), perencanaan pembelajaran: (3,25±0,50):(2,93±0,59), pelaksanaan pembelajaran: (3,18±0,50):(3,00±0,46) dan untuk pengembangan peserta didik: (2,67±0,58):(2,37±0,12). Keempat aspek penilaian tidak signifikan (P>0,05). Berarti antara pendapat guru dan siswa terdapat kesesuaian/kesamaan.
Sedangkan pada guru yang belum sertifikasi, berdasarkan penilaian siswa untuk aspek pemahaman peserta didik adalah: (2,95±0,91):(3,50±0,50), perencanaan pembelajaran: (2,43±0,51):(3,18±0,57), pelaksanaan pembelajaran: (3,05±0,28):(3,23±0,27) dan untuk pengembangan peserta didik: (2,43±0,51):(2,50±0,26). Untuk aspek pemahaman dan pengembangan peserta didik, antara pendapat siswa dan guru yang belum sertifikasi terdapat hubungan yang signifikan, karena nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,050 atau (P<0,050) yaitu: perencanaan (0,000) dan pelaksanaan (0,002). Tetapi untuk aspek pemahaman peserta didik (0,325) dan pengembangan peserta didik (0,291), tidak ada hubungan yang signifikan, karena nilai signifikansinya lebih besar dari 0,050 atau (P>0,050).
Dari aspek perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran antara guru yang sudah disertifikasi dan guru yang belum sertifikasi menunjukkan kesamaan, namun pada aspek pemahaman dan pengembangan, guru yang telah disertifikasi memiliki keunggulan. Dengan demikian, menurut pandangan siswa, kompetensi pedagogik guru yang sudah sertifikasi lebih baik dibandingkan guru yang belum sertifikasi dalam aspek perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2014 BIO 008 |
Keywords: | Kompetensi pedagogik, Sertifikasi, Peserta Didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Dec 2016 03:54 |
Last Modified: | 20 Dec 2016 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22218 |