Samosir, Morita A. (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN INTERACTIVE MULTI MEDIA INSTRUCTION (IMMI) DAN MEDIA CHARTA PADA SUB MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DI KELAS VIII SMP N SATU ATAP 6 PAKKAT TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4101141028 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2. NIM. 4101141028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
3. NIM. 4101141028 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
4. NIM. 4101141028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. NIM. 4101141028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
6. NIM. 4101141028 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM. 4101141028 TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 4101141028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM. 4101141028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
10. NIM. 4101141028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
14. NIM. 4101141028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
15. NIM. 4101141028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Interactive Multi Media Instruction (IMMI) dan media charta pada sub materi sistem pencernaan makanan pada manusia di kelas VIII SMP N Satu Atap 6 Pakkat. Penelitian ini di lakukan pada kelas VIII SMP satu atap dengan jumlah siswa 224 orang dan sampel 64 orang dengan menggunakan Interactive Multi Media Instruction (IMMI) untuk kelas VIII-A dan media charta untuk kelas VIII-B. Teknik pengambilan sampel adalah dengan cara “purpossive sampling” sedangkan teknik pengumpulan data dengan memberikan test pengetahuan tentang sistem pencernaan makanan pada manusia. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa baik data hasil belajar siswa pada kelas Interactive Multi Media Instruction (IMMI) dan kelas charta dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen).
sementara berdasarkan hasil perolehan hasil belajar siswa terdapat adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan dimana rata-rata hasil belajar siswa menggunakan Interactive Multi Media Instruction (IMMI) sebesar 82,603 sedangkan rata-rata hasil belajar yang menggunakan media charta sebesar 78,956. Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas penelitian tersebut dibuktikan melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan α =0,05, dimana thitung > ttabel (3,51 >1,634), yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan Interactive Multi Media Instruction (IMMI) lebih baik dari pada hasil belajar siswa menggunakan media charta pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia di kelas VIII SMP N Satu atap 6 Pakkat T.P 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 001 |
Keywords: | Media Pendidikan, Media Charta, Multimedia Interaktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH705 Economic biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Dec 2016 03:19 |
Last Modified: | 20 Dec 2016 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22211 |