Raminah (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN ANIMASI MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4101121022 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM 4101121022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
3. NIM 4101121022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4. NIM 4101121022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM 4101121022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM 4101121022 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. NIM 4101121022 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM 4101121022 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
10. NIM 4101121022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
14. NIM 4101121022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
9. NIM 4101121022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan animasi makromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gerak Lurus di kelas X SMA Negeri 11 Medan T.P. 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester ganjil SMA yang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X MIA-2 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X MIA-1 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 40 siswa yang ditentukan dengan cluster random sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan animasi makromedia flash dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Sebelum diberikan perlakuan, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes essai, jumlah soal 8 item yang telah divalidkan oleh validator.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata postes siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil observasi menunjukkan bahwa nilai aktivitas dan keterampilan siswa pada kelas eksperimen diperoleh cukup baik sedangkan nilai aktivitas siswa pada kelas kontrol diperoleh kurang baik. Melalui uji hipotesis satu pihak diperoleh bahwa pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan animasi makromedia flash terhadap hasil belajar siswa lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 001 |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, Gerak lurus, Animasi makromedia flash, Hasil belajar siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Dec 2016 02:38 |
Last Modified: | 20 Dec 2016 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22207 |