Defana, Mariska (2015) UPAYA GURU GEOGRAFI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA SWASTA KECAMATAN MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
3103131042. Cover.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
3103131042. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (693kB) | Preview
3103131042. Abstrak.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
3103131042. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (731kB) | Preview
3103131042. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
3103131042. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
3103131042. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
3103131042. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
3103131042. BAB I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
3103131042. BAB VI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3103131042. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru geografi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI materi pokok biosfer semester ganjil di SMA Dharma Pancasila Medan, SMA Gajah Mada Medan, dan SMA Mulia Medan Tahun Ajaran 2014/2015 ditinjau dari penguasaan materi/bahan ajar, penggunaan media yang sesuai dengan materi yang diajarkan, penggunaan sumber belajar penggunaan metode mengajar yang sesuai dengan materi yang diajarkan, mengevaluasi hasil belajar.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Dharma Pancasila Medan, SMA Gajah Mada Medan, dan SMA Mulia Medan tahun 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah guru geografi SMA kelas XI yang berjumlah 3 (tiga) orang sehingga ditetapkan menjadi sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung. Alat yang digunakan dalam komunikasi langsung adalah lembar observasi dan alat yang digunakan dalam komunikasi tidak langsung adalah angket selanjutnya data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa upaya seorang guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi biosfer adalah sebagai berikut: guru a dan guru b masih perlu berupaya untuk menguasai materi/bahan pelajaran dan guru memperhatikan karakteristik siswa dan kebutuhan siswa sesuai kurikulum dan guru c tetap mempertahankan upayanya dalam penguasaan materi/bahan ajar; guru a, guru b dan guru c masih harus berupaya untuk memilih metode mengajar yang tepat dan menumbuhkan minat siswa, semakin banyak variasi metode mengajar yang diberikan kepada siswa akan menumbuhkan minat dan motivasi siswa untuk mau belajar; guru a, guru b dan guru c masih perlu memilih alat media yang tepat agar materi yang ditransfernya bisa berjalan sebagaimana mestinya, dan tujuan pengajaran dari proses belajar mengajar yang ada diharapkan bisa tercapai dengan baik; guru b masih harus berupaya untuk menambah sumber penunjang belajar seperti perpustakaan, narasumber, media cetak, dan buku penunjang. guru a dan guru c tetap menambah penggunaan sumber penunjang belajar seperti perpustakaan, narasumber, media cetak, dan buku penunjang; guru a, guru b dan guru c masih harus berupaya untuk mengevaluasi hasil belajar siswa, mengumpulkan data dan informasi untuk mengetahui sejauh mana perkembangan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 GEO 059 |
Keywords: | Upaya Guru, Metode mengajar, Media Pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Dec 2016 03:54 |
Last Modified: | 19 Dec 2016 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22182 |