Pasaribu, Sarah Perguson (2015) PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3103131067 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 3103131067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
4. NIM. 3103131067 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
3. NIM. 3103131067 PREFACE.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
5. NIM. 3103131067 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
6. NIM. 3103131067 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. NIM. 3103131067 TABLES.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8. NIM. 3103131067 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 3103131067 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
10. NIM. 3103131067 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
15. NIM. 3103131067 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
16. NIM. 3103131067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan (1) Kreativitas belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Medan melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada materi lingkungan hidup. (2) Hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Medan melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada materi lingkungan hidup TA 2013/2014 . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas XI IPS 2 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kreativitas belajar siswa dengan menggunakan model Creative problem Solving pada materi lingkungan hidup pada siklus I adalah 56% menjadi 85% pada siklus II). 2) Hasil belajar siswa pada materi lingkungan hidup dengan menggunakan model Creative Problem Solving pada siklus I yaitu 71,88% kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,85%. Dari data-data yang dihasilkan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 3 Medan. Penelitian ini juga menunjukkan adanya hubungan antara peningkatan kreativitas belajar siswa dengan ketuntasan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 GEO 035 |
Keywords: | belajar, model Pembelajaran Creative Problem Solving,Lingkungan hidup |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Dec 2016 07:50 |
Last Modified: | 13 Dec 2016 07:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22110 |