Nurhidayah, (2015) MENINGKATKAN KESADARAN SEJARAH SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI DAMULI KEC. KUALUH SELATAN KAB. LABUHAN BATU UTARA TA. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 3113321024- COVER.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
2. 3113321024- LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
3. 3113321024 KEASLIAN TULISAN.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
5. 3113321024- ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
6. 3113321024- KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
8. 3113321024 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. 3113321024 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
10. 3113321024 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
11. 3113321024 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
11. 3113321024- BAB 1.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
15. 3113321024- BAB 5.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
16. 3113321024- DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. 3113321024 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran sejarah siswa pada mata pelajaran sejarah melaui model pembelajaran problem based instruction dikelas x madrasah aliyah negeri damuli kec. Kualuh Hulu Kab. Labuhan Batu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, populasi penelitian ini adalah siswa kwlas X Madrasah Aliyah Negeri Damuli Sebanyak 32 orang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Berdasarkan hasil observasi kesadaran sejarah yang dulakukan peneliti bahwa Jumlah keseluruhan kesadaran sejarah siswa pada siklus I terdapat1 orang (3%) siswa untuk criteria Sangat Baik, tidak siswa untuk criteria Baik, 8 orang (25%) siswa untuk criteria cukup baik, dan23 orang (71%) siswauntukkriteriaKurangBaik. Dengan nilai rata-rata keseluruhan 45%. Jumlah keseluruhan aktivitas siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 2 (6%)siswa untuk kriteria SangatBaik, 6 (18%) orang siswauntukkriteriaBaik, 21 (65%) orang siswauntukkriteriaCukup Baik, 5 (15%) orang siswauntukkriteriaKurangBaik. Pada siklus III terdapat kriteria siswa Sangat Baik 19 (59%), Baik 13 (40%), Cukup Baik 1 (3%), tidak ada siswa yang mendapatkan nilai yang Kurang Baik. Berdsarkan Hasil Observasi Aktivitas Sejarah Siswa pada siklus I kriteria Sangat Baik 3 (9%) orang, Baik 4 (12%) Orang, Cukup baik 4 (12%) orang,Kurang Baik 21 (65%). Pada siklus II kriteria nilai Sangat Baik 6 (18%), Baik 4 (12%) orang, Cukup Baik 9 (28%) orang , dan Kurang Baik 13 (40%) orang. Pada siklus III kriteria Sangat Baik 15 (46%), Baik 15 (46%) orang, Cukup Baik 2 (6%) orang, tidak ada siswa yang mendapat nilai Kurang Baik. Jadi memang benar bahwa model pembelajaran Problem Based Instruction sangat baik digunakan pada mata pelajaran sejarah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 SJRH 007 |
Keywords: | Aktivitas Siswa, kesadaran sejarah siswa,Tugas Interatif |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Dec 2016 01:36 |
Last Modified: | 09 Dec 2016 01:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22061 |