Hasibuan, Irma Anggraini (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG MATA PELAJARAN AKUNTANSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK BM ISTIQLAL DELITUA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 7123142026 Cover.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
NIM 7123142026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
NIM 7123142026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
NIM 7123142026 Preface.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
NIM 7123142026 Table of Content.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
NIM 7123142026 Tables.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
NIM 7123142026 Appendices.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
NIM 7123142026 Chapter I.pdf - Published Version
Download (648kB) | Preview
NIM 7123142026 Chapter V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
NIM 7123142026 Bibliography.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar
akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Persepsi
Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada
Siswa Kelas X Akuntansi SMK BM Istiqlal Delitua T.P 2015/2016; (2) Pengaruh
Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas X
Akuntansi SMK BM Istiqlal Delitua T.P 2015/2016; dan (3) Pengaruh Persepsi
Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi, dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi
Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK BM Istiqlal Delitua T.P
2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Istiqlal Delitua. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 43 orang.
Penentuan sampel ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu 35 orang.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi.
Sebelum angket diberikan pada sampel yang sebenarnya maka dilakukan uji coba
instrumen untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Teknik analisis data
menggunakan uji asumsi klasik, yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji
heteroskedastisitas, dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus regresi linier
berganda, uji t parsial, uji F simultan, dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan dari hasil analisis data dengan
menggunakan SPSS versi 17 diperoleh persamaan regresi linier berganda Y =
1.395 +0,469X1 + 0,533X2 . Selanjutnya variabel persepsi siswa tentang mata
pelajaran akuntansi (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara
parsial terhadap prestasi belajar akuntansi siswa dengan nilai sig < 0,05 (0,002 <
0,05) dan motivasi belajar (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan
secara parsial terhadap prestasi belajar akuntansi siswa dengan nilai sig < 0,05
(0,002 < 0,05). Secara bersama-sama persepsi siswa tentang mata pelajaran
akuntansi dan motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan
terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05).
Persentase sumbangan pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi
dan motivasi belajar terhadap presstasi belajar akuntansi siswa sebesar 90,7%.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan persepsi siswa tentang
mata pelajaran akuntansi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi
siswa kelas X akuntansi SMK BM Istiqlal Delitua T.P 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 182 |
Keywords: | Persepsi Siswa Tentang Mata Pelajaran Akuntansi, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Dec 2016 08:43 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21991 |