PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN SOFTSKILLS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X PROGRAM TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Ritonga, Dhani Ansyari (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN SOFTSKILLS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X PROGRAM TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM. 5113331007 COVER.PDF]
Preview
Text
01. NIM. 5113331007 COVER.PDF - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM. 5113331007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM. 5113331007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM. 5113331007 ABSTRACT.PDF]
Preview
Text
03. NIM. 5113331007 ABSTRACT.PDF - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM. 5113331007 PREFACE.PDF]
Preview
Text
04. NIM. 5113331007 PREFACE.PDF - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM. 5113331007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM. 5113331007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM. 5113331007 TABLES.pdf]
Preview
Text
06. NIM. 5113331007 TABLES.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM. 5113331007 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07. NIM. 5113331007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM. 5113331007 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08. NIM. 5113331007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM. 5113331007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM. 5113331007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (672kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5113331007 CHAPTER V.PDF]
Preview
Text
13. NIM. 5113331007 CHAPTER V.PDF - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5113331007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5113331007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning (DL), Problem Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik apabila dibandingkan dengan model pembelajaran yang masih diterapkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada ketiga kelompok penelitian. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X TITL program keahlian teknik ketenagalistrikan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TITL program keahlian teknik ketenaga listrikan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari
3 kelas berjumlah 97 orang. Sampel yang diambil melalui pretest berjumlah keseluruhan kelas yaitu kelas X TITL-1 berjumlah 32 orang, kelas X TITL-2 berjumlah 33 orang dan kelas X TITL-3 berjumlah 32 orang. Dari hasil analisis
data pretest didapat bahwa ketiga kelas merupakan kelas yang homogen. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yaitu teknik pemberian tes berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 27
soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik yang diajar menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi daripada hasil belajar dasar dan pengukuran listrik siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning (DL) maupun Contextual Teaching and Learning (CTL), dimana : skor rata-rata postest kelas PBL 21,094 dan kelas kontrol 18,939 dan hasil Uji f yaitu fhitung > ftabel ( 3,368> 1,669 ), nilai keterampilan diperoleh nilai rata-rata kelas PBL 80,60 sedangkan kelas DL yaitu 77,78 dan kelas CTL yaitu 77,53.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 ELK 062
Keywords: Model pembelajaran discovery learning (DL); Problem based learning (PBL); Contextual teaching and learning (CTL); Kemampuan softskills; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 06 Dec 2016 02:25
Last Modified: 06 Dec 2016 02:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21964

Actions (login required)

View Item
View Item