Ritonga, Dhani Ansyari (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN SOFTSKILLS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X PROGRAM TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5113331007 COVER.PDF - Published Version
Download (68kB) | Preview
02. NIM. 5113331007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
03. NIM. 5113331007 ABSTRACT.PDF - Published Version
Download (91kB) | Preview
04. NIM. 5113331007 PREFACE.PDF - Published Version
Download (241kB) | Preview
05. NIM. 5113331007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
06. NIM. 5113331007 TABLES.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
07. NIM. 5113331007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
08. NIM. 5113331007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
09. NIM. 5113331007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (672kB) | Preview
13. NIM. 5113331007 CHAPTER V.PDF - Published Version
Download (240kB) | Preview
14. NIM. 5113331007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning (DL), Problem Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik apabila dibandingkan dengan model pembelajaran yang masih diterapkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada ketiga kelompok penelitian. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X TITL program keahlian teknik ketenagalistrikan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TITL program keahlian teknik ketenaga listrikan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari
3 kelas berjumlah 97 orang. Sampel yang diambil melalui pretest berjumlah keseluruhan kelas yaitu kelas X TITL-1 berjumlah 32 orang, kelas X TITL-2 berjumlah 33 orang dan kelas X TITL-3 berjumlah 32 orang. Dari hasil analisis
data pretest didapat bahwa ketiga kelas merupakan kelas yang homogen. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yaitu teknik pemberian tes berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 27
soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik yang diajar menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi daripada hasil belajar dasar dan pengukuran listrik siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning (DL) maupun Contextual Teaching and Learning (CTL), dimana : skor rata-rata postest kelas PBL 21,094 dan kelas kontrol 18,939 dan hasil Uji f yaitu fhitung > ftabel ( 3,368> 1,669 ), nilai keterampilan diperoleh nilai rata-rata kelas PBL 80,60 sedangkan kelas DL yaitu 77,78 dan kelas CTL yaitu 77,53.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 062 |
Keywords: | Model pembelajaran discovery learning (DL); Problem based learning (PBL); Contextual teaching and learning (CTL); Kemampuan softskills; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 Dec 2016 02:25 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21964 |