Tambunan, Aman (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5122131003 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
02. NIM 5122131003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
03. NIM 5122131003 ABSTRACT ID.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
04 NIM 5122131003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
05. NIM 5122131003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
06. NIM 5122131003 ILLUTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
07. NIM 5122131003 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
08. NIM 5122131003 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
09. NIM 5122131003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
13. NIM 5122131003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
14. NIM 5122131003 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Balige Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 1 Balige Tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X program keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 1 Balige Tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 112 orang. Pengambilan sampel digunakan dengan cara cluster sampling sehingga didapat sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas TITL1 sebagai kelas eksperimen dan kelas TITL4 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data yang diperoleh pada kelas eksperimen, postest =23,778;SD=2,900. Sedangkan kelas control, posttest =19,556;SD=4,406. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t, dari data perhitungan hipotesis thitung = 2,1243 sedang ttabel = 1,674. Hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung>ttabel yaitu 2,1243>1,674 dengan kata lain Ha diterima dan H0 ditolak. Begitu juga dengan penilaian afektif kelas experimen = 85,26 sedangkan penilaian afektif kelas kontrol adalah = 68,63 dan selanjutnya dilihat dari penilaian psikomotorik siswa kelas experimen = 88,33 sedangkan kelas kontrol = 67,30, dengan hasil penilaian afektif dan psikomotorik dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana pada kelas X program keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 1 Balige Tahuan ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 039 |
Keywords: | Model pembelajaran berbasis proyek; Model pembelajaran ekspositori; Cluster sampling |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 Dec 2016 01:55 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 01:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21955 |