PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2015/2016

Tambunan, Aman (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 5122131003 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 5122131003 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 5122131003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 5122131003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 5122131003 ABSTRACT ID.pdf]
Preview
Text
03. NIM 5122131003 ABSTRACT ID.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 04 NIM 5122131003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04 NIM 5122131003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 5122131003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM 5122131003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 5122131003 ILLUTRATION.pdf]
Preview
Text
06. NIM 5122131003 ILLUTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 5122131003 TABLES.pdf]
Preview
Text
07. NIM 5122131003 TABLES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 5122131003 APPENDICS.pdf]
Preview
Text
08. NIM 5122131003 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 5122131003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM 5122131003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5122131003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5122131003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5122131003 BIBLOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5122131003 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Balige Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 1 Balige Tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X program keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 1 Balige Tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 112 orang. Pengambilan sampel digunakan dengan cara cluster sampling sehingga didapat sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas TITL1 sebagai kelas eksperimen dan kelas TITL4 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data yang diperoleh pada kelas eksperimen, postest =23,778;SD=2,900. Sedangkan kelas control, posttest =19,556;SD=4,406. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t, dari data perhitungan hipotesis thitung = 2,1243 sedang ttabel = 1,674. Hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung>ttabel yaitu 2,1243>1,674 dengan kata lain Ha diterima dan H0 ditolak. Begitu juga dengan penilaian afektif kelas experimen = 85,26 sedangkan penilaian afektif kelas kontrol adalah = 68,63 dan selanjutnya dilihat dari penilaian psikomotorik siswa kelas experimen = 88,33 sedangkan kelas kontrol = 67,30, dengan hasil penilaian afektif dan psikomotorik dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana pada kelas X program keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 1 Balige Tahuan ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 ELK 039
Keywords: Model pembelajaran berbasis proyek; Model pembelajaran ekspositori; Cluster sampling
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 06 Dec 2016 01:55
Last Modified: 06 Dec 2016 01:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21955

Actions (login required)

View Item
View Item