Pulungan, Muhammad Firdaus (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SOFT SKILLS SISWA KELAS X TEKNIK AUDIO VIDIO PADA MATA PELAJARAN MELAKUKAN INSTALASI SOUND SYSTEM DI SMK N 1 BARUMUN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5112131008 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
02. NIM 5112131008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
03. NIM 5112131008 ABSTRACT ID.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
04. NIM 5112131008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
05. NIM 5112131008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
06. NIM 5112131008 TABLES.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
07. NIM 5112131008 ILLUTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
08. NIM 5112131008 APPENDIX.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
09. NIM 5112131008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
13. NIM 5112131008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM 5112131008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan soft skills siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran berbasis proyek Tahun Ajaran 2014/2015. Strategi Pembelajaran yang digunakan adalah strategi pembelajaran berbasis proyek yang mana dalam pelaksanaan diadakan pengamatan terhadap kemampuan soft skills kepada para siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 barumun yang mengikuti mata pelajaran melakukan instalasi sound system. Jumlah sampel yang di teliti adalah sebanyak 38 orang. Pengambilan data melalui observasi dengan menggunakan lembar penilaian yang dilakukan selama 4 minggu. Perlakuan yang diberikan berdasarkan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah disiapkan oleh peneliti. Berdasarkan hasil pengamatan dan penilaian dapat diketahui sejauh mana pengaruh terhadap peningkatan kemampuan soft skills siswa menggunakan strategi pembelajaran berbasis proyek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan soft skils siswa terjadi peningkatan secara signifikan pada taraf 5 % setelah menggunakan strategi pembelajaran berbasis proyek dimana thitung > ttabel, yaitu 8,113363951 > 1,657. Dengan demikian disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak sehingga strategi pembelajaran berbasis proyek berpengaruh meningkatkan kemampuan soft skills siswa kelas X TAV di SMK N 1 Barumun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 047 |
Keywords: | Strategi pembelajaran berbasis proyek; Soft skills; Siswa SMK |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 10:14 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 01:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21949 |