Muaz, Ahmad Baihaqi (2016) VARIASI PERMAINAN LOMPAT TALI DALAM UPAYA PERBAIKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS IX SMP SWASTA MUHAMMADIYAH-59 PANAI HULU KABUPATEN LABUHAN BATU TAHUN AJARAN 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6123111005 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 6123111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
3. NIM 6123111005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM 6123111005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
5. NIM 6123111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM 6123111005 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 6123111005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 6123111005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM 6123111005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
13. NIM 6123111005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
14. NIM 6123111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbaikan hasil belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Dengan Menggunakan Variasi Permainan Lompat Tali Pada Siswa Kelas IX SMP Swasta Muhammadiyah-59 Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhan Batu Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas IX Swasta Muhammadiyah-59 Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhan Batu Tahun Ajaran 2016/2017. dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa, 11 siswa putra, dan 21 siswa putri yang akan diberikan tindakan penggunaan variasi permainan lompat tali dalam upaya memperbaiki hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research).
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar proses lompat jauh gaya jongkok dimulai dari tes awal, lalu dilakukan pembelajaran menggunakan media variasi lompat tali pada setiap siklusnya. Pada akhir setiap siklus dilakukan tes unjuk kerja proses lompat jauh gaya jongkok, dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu, dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data.
Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan media variasi permainan lompat tali (Pre-Test) diperoleh 10 siswa (31,25%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 22 siswa (68,7%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 67,6%. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan media variasi permainan lompat
ii
tali. (2) Dari tes hasil belajar setelah pembelajaran menggunakan media variasi permainan lompat tali di siklus I diperoleh 23 siswa (71,9%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 9 siswa (28,1%) belum mencapai tingkat ketuntasan. Dengan nilai rata-rata 79,3%. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran menggunakan media variasi permainan lompat tali. (3) Dari tes hasil belajar siklus II diperoleh 29 siswa (90,6%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 siswa (9,4%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 90,4%. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 11,1% dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 18,7%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media variasi permainan lompat tali dapat memperbaiki hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas IX SMP Swasta Muhammadiyah-59 Panai Hulu Kabupaten Labuhan Batu Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2016 PJKR 051 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Atletik; lampat jauh |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 03:34 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21923 |