Mahulae, Nelson (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SMA SLB C SANTA LUSIA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6123311064 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 6123311064 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
3. NIM. 6123311064 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 6123311064 PREFACE.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 6123311064 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
6. NIM. 6123311064 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM. 6123311064 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8. NIM. 6123311064 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 6123311064 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
13. NIM. 6123311064 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 6123311064 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
lari sprint melalui pendekatan bermain pada siswa tunagrahita di SMA SLB
C Santa Lusia Medan Tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Lokasi pelaksanaan penelitian
ini dilaksanakan di Medan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini
maka dilakukan tes hasil belajar pada tes awal, lalu setelah itu dilakukan
pembelajaran melalui pendekatan bermain yang dilakukan Tes Hasil
Belajar siklus I dan Tes Hasil Belajar siklus II yang berbentuk aplikasi
teknik dasar lari sprint. Adapun masalah yang berkaitan dengan
kemampuan siswa yaitu : Keterbelakangan mental dan keterbatasan
kemampuan fisik siswa menyulitkan untuk melaksanakan pembelajaran
sesuai dengan yang diharapkan.
Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari tes hasil
belajar sebelum menggunakan Pendekatan Bermain (pree test) tidak ada
siswa (0%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai
rata-rata 61,5. Kemudian dilakukan pembelajaran melalui pendekatan
bermain. (2) dari tes hasil belajar pendekatan bermain disiklus I diperoleh 4
siswa (44,4%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5
siswa (55,6%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai
rata-rata 68,4. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran melalui
pendekatan bermain. (3) dari tes hasil belajar melalui pendekatan bermain
disiklus II diperoleh 7 siswa (77,8%) yang mencapai ketuntasan belajar,
sedangkan 2 siswa (22,2%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai
rata-rata siswa adalah 73,5. Berdasarkan hasil analisis data terlihat bahwa
dalam menggunakan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar
lari sprint pada siswa tunagrahita di SMA SLB C Santa Lusia tahun ajaran
2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJKR 024 |
Keywords: | Pendidikan jasmani; lari Sprint; hasil Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 02:19 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21909 |