Purba, Freddy Madyanto (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VII MTs TAMAN PENDIDIKAN ISLAM MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6101112037 COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2. NIM. 6101112037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
3. NIM. 6101112037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4. NIM. 6101112037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
5. NIM. 6101112037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
6. NIM. 6101112037 TABLES.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
7. NIM. 6101112037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
8. NIM. 6101112037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
9. NIM. 6101112037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
13. NIM. 6101112037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 6101112037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana
peningkatan hasil belajar lari sprint melalui pendekatan bermain pada siswa
kelas VII-1 MTs Taman Pendidikan Islam Tahun Ajaran 2016/2017.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTs Taman Pendidikan Islam
Medan Tahun Ajaran 2016/2017,waktu penelitian pada tanggal 03 Agustus
sampai dengan 13 Agustus 2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VII-1 MTs Taman Pendidikan Islam Tahun Ajaran 2016/2017 yang
berjumlah 32 orang dan terdiri dari 10 orang siswa putra dan 22 orang siswa
putri. Sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah Pendekatan bermain
seperti: permainan lari bolak-balik sambil memindahkan bola dari pos A ke
pos B, lari bolak balik sambil mengibarkan sapu tangan. Jenis dalam
penelitian adalah menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan
Kelas). Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar
portofolio penilaian hasil belajar lari sprint.
Hasil penelitian dari 32 orang siswa yang menjadi subjek dalam tes
awal penelitian ini, ternyata hanya 8 orang siswa (25%) yang sudah
memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 24 orang siswa
(75%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang
diperoleh hanya mencapai 57,28 (Tidak Tuntas). Hasil tes siklus I, dari 32
orang siswa telah ada 20 orang siswa (62,5%) sudah memiliki ketuntasan
belajar, selebihnya 12 orang siswa (37,5%) yang belum memiliki ketuntasan
belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 65,12 (Tidak Tuntas).
Hasil tes siklus II, dari 32 orang siswa telah ada 28 orang siswa (87,5%)
yang sudah memiliki ketuntasan belajar, hanya 4 orang siswa (12,5%) yang
belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh telah
mencapai 73,93 (Tuntas).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan
bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas VII-1
MTs Taman Pendidikan Islam Medan Tahun Ajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJKR 060 |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Hasil belajar; Atletik |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 02:05 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 02:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21906 |